Tech Talk 5, Edukasi Digital Demi Pemerataan Kualitas Pendidikan

Teknopreneur.com – The Habibie Center adalah salah satu yayasan atau NGO yang bergerak di bidang-bidang yang terkait dengan demokrasi. IDST adalah Institut Demokrasi Melalui Sains dan Teknologi, jadi tujuannya adalah selain memahami demokrasi juga bagaimana mengembangkan sains dan teknologi.

Agar kita dapat berkembang secara sains dan teknologi serta melaksanakan proses demokrasi. Demokrasi inipun bisa di segala bidang, tidak hanya sosial politik tetapi juga ekonomi dan juga pendidikan seperti yang akan dibahas saat ini. Apa yang bisa dilakukan oleh sains dan teknologi dalam penerapannya terkait dengan pendidikan, dikembangkan oleh kita dan untuk kita Indonesia.

Kita tidak menutup diri sains dan teknologi yang berasal dari ide-ide luar negeri karena di Habibie Center ini bangsa Indonesia harus berperan didalam negeri, karena hanya bangsa kita sendiri yang mengerti apa yang harus dilaksanakan demi Indonesia tercinta.

Khusus mengenai tema pendidikan dengan berkembangnya digitalisasi maka bidang pendidikan dapat diterapkan dimana saja dengan cara yang memadai. Kita bisa menggunakan alat untuk memfasilitasi pendidikan ke siapapun di dunia, tetapi yang perlu dibahas sesungguhnya tidak hanya bisa dilakukan secara massal, namun bisa dilakukan individualisasi pendidikan dimana setiap anakanak menerima pendidikan yang berbeda-beda.

Jadi walaupun mereka berada di satu sekolah yang sama tetapi kebutuhannya bisa berbeda, sehingga selain ada efek massal terdapat juga efek individual, dengan teknologi digital inilah ada potensi untuk bisa terlaksana.