Tech Talk Report 31 Juli 2017

309
Tech Talk Report Juli 2017

Potensi energi terbarukan di Indonesia merupakan tantangan yang luar biasa, dimana pemanfaatan akan menjadi cukup signifikan di masa yang akan datang. Pembangkit listrik tidak cukup yang sekarang karena kalau kita kembali ke UU Energi dan juga UU Kelistrikan tanggung jawab PLN dalam hal kelistrikan itu ada lima yakni, yang pertama adalah liability yaitu menyediakan listrik dengan kapasitas yang cukup.

Yang kedua adalah kehandalan artinya listrik dengan kapasitas yang cukup harus handal dimana kualitas menjadi prioritas. Yang ketiga adalah accessibility supaya listrik yang cukup dan handal ini dapat dirasakan masyarakat maka akses harus terjangkau, oleh sebab itu harus membangun pembangkit listrik sampai ke pelosok juga membangun transmisi dan gardu induk. Memang tidak semua wilayah perlu dibangun transmisi karena Indonesia unik geografisnya, untuk pulau-pulau besar seperti Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan akan dibangun interkoneksi. Tetapi untuk Nusa Tenggara, sebagian Papua, Maluku dan Kepulauan yang banyak sekali pulau-pulau kecil akan kita bangun secara off grade isolated, jadi dikombinasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan setempat dan bagaimana kondisi geografis dari masing-masing wilayah.

Ada 67.400 kilometer sircuit transmisi yang akan dibangun dua kali lipat dari apa yang Indonesia miliki sekarang, selama 70 tahun Indonesia telah memiliki sekitar 30.000 kilometer sircuit dan harus membangun dua kalinya lagi dalam 10 tahun kedepan. Yang keempat adalah affordability yang artinya listrik yang sudah masuk ke pelosok-pelosok ini harganya harus terjangkau oleh masyarakat, akan bahaya ketika jalur listrik sudah sampai didepan rumah tetapi masyarakat tidak sanggup membeli.

Kalau sekarang gelap bersama, tetapi kalau sampai listriknya sudah terkoneksi tetapi tak sanggup membeli jangan sampai terjadi. Affordibility merupakan tantangan PLN dihari ini dan hal ini harus didesain secara sistem, agar ketika target akses listrik tercapai, harganya bisa terjangkau. Kemudian yang kelima adalah sustainability yang terkait dengan energi terbarukan, itu sebabnya PLN menjadikan energi terbarukan sebagai prioritas dan energi terbarukan adalah solusinya. Sustainability kita wajibkan karena PLN tahu bahwa energi fosil ada batasnya. LIN