Indonesia perlu untuk memperhatikan tentang Keamanan Data Nasional, pada prosesnya ancaman keamanan data nasional datang dari dalam dan luar negeri. Sehingga tingkat kerapuhan proteksi data di Indonesia perlu di jaga. Pada perkembangannya Keamanan Data Nasional merupakan salah satu yang paling lemah dalam bidang sistem keamanan data nasional dan dipandang perlu untuk memperhatikan penguatan keamanan data nasional.

Kondisi ini dipersulit dengan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang menjadikan Indonesia sebagai negara transit point untuk kegiatan Cyber Crime, melakukan kegiatan cyber crime dari luar negeri lalu masuk ke Indonesia untuk menyerang sistem keamanan data di negara lainnya, misalnya melakukan cyber crime di Jepang yang menggunakan sistem data di Indonesia untuk menyerang sistem keamanan data di Amerika. Hal ini terjadi sebab keamanan data di Indonesia sangat lemah sekali dan Indonesia merupakan peringkat pertama sebagai negara yang paling sering terkena dan rentan terhadap serangan cyber crime.

Keamanan data nasional banyak diantaranya berasal dari ancaman luar Indonesia.Keamanan data nasional menjadi penting dalam rangka kedaulatan data nasional. Proteksi dan pemeliharaan data user yang ada di Indonesia perlu untuk dilakukan. Sistem cyber security di Indonesia masih sangat lemah.

Indonesia acap kali menjadi negara transit untuk melakukan tindakan cyber crime, jadi orang luar negeri masuk kedalam wilayah data di Indonesia kemudian melakukan kejahatan cyber crime di negara lainnya dan lemahnya keamanan data nasional mengakibatkan kerugian data. Perundang-undangan dan SDM memiliki peranan yang penting untuk diperkuat agar di masa depan Indonesia mampu menjaga keamanan data nasional. LIN