CGK Airport Code Race Public Announcement

Teknopreneur.com – Angkasa Pura 2 bekerja sama dengan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar kompetisi pembuatan aplikasi yang biasa disebut dengan hackathon. Kompetisi ini diadakan dalam rangka menghadirkan inovasi baru yang dapat membantu memaksimalkan penggunaan sarana publik, sehingga mampu mendukung kinerja dari sebuah sistem di bandar udara.

Hackathon yang bertemakan “CGK Airport Code Race” ini, memfokuskan pada desain aplikasi ataupun website yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam memanfaatkan sarana serta fasilitas yang ada di Bandara Angkasa Pura 2 dengan maksimal. Untuk itu diharapkan hadir sebuah inovasi baru yang nantinya dapat diterapkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang menggunakan bandara ketika hendak bepergian, transit kedatangan, bahkan sebelum mereka sampai di bandara untuk melakukan penerbangan.

Tujuan dari hackathon adalah untuk meningkatkan peluang Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Seperti visi yang telah disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa dalam jangka menengah adalah untuk menempatkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada Tahun 2020, dengan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya untuk produk dan pelaku lokal. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi digital akan memberikan peluang lebih banyak bagi Indonesia untuk turut menumbuhkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Seperti kita ketahui, bandara adalah sarana publik yang sangat vital. Melalui bandara inilah masyarakat nasional dan internasional terhubung. Oleh karena itu diharapkan CGK Airport Code Race bisa menjadi sebuah ajang bagi para pengembang aplikasi di wilayah Jabodetabek dan Banten guna menghasilkan produk digital berbasis, Android, iOS dan website yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang sistem di lingkungan bandara Angkasa Pura 2.

Kriteria kepesertaan:

  1. Setiap tim beranggotakan minimal 3 (tiga) orang dan kepersertaan di dalam tim bersifat terbuka selama menyanggupi mengikuti ketentuan kompetisi.
  2. Aplikasi dapat menggunakan platform Android, iOS dan website.
  3. Aplikasi yang dibuat diharapkan dapat membantu masyarakat memanfaatkan secara maksimal layanan dan fasilitas di bandara Angkasa Pura 2.
  4. Developer/peserta tidak perlu melakukan submisi ke Google Play/App Store, cukup menginformasikan keterangan seperti: platform yang digunakan, nama aplikasi/judul aplikasi, tautan aplikasi, dan pitch deck tentang proyeksi model bisnisnya.
  5. Peserta wajib hadir dalam “Warming Up Class” untuk mendapatkan pengarahan dari para pembicara, pada hari Minggu, 23 Juli 2017di Creative Stage Galeri Indonesia WOW SMESCO, Jakarta pukul 09.00 WIB.
  6. Bagi peserta yang tidak sempat hadir “Warming Up Class” pada hari Minggu, 23 Juli 2017 akan diberi kesempatan untuk menghadiri pre-hackathon yang jadwal dan waktunya akan diumumkan melalui email dan website.
  7. Aplikasi diupayakan agar dapat berjalan di low-end device. UX & UI yang menarik, dan dapat terintegrasi dengan platform lain akan menjadi nilai tambah.
  8. Aplikasi harus orisinil, tidak boleh menggunakan asset yang dimiliki pihak lain tanpa izin/lisensi.
  9. Juri terdiri dari tim MASTEL, APJII, Angkasa Pura 2 dan Mitra Penyelenggara, dan penilaian bersifat mutlak.
  10. Submisi ide aplikasi harus dilakukan maksimal Kamis3 Agustus 2017 pukul 23.59 WIB.
  11. Pada Sabtu, 5 Agustus 2017akan diadakan kunjungan ke Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta
  12. Pemenang akan dipilih dari peserta yang memenuhi kriteria, berdasarkan presentasi peserta dalam penjurian yang akan dilakukan secara offline pada hari Minggu, 13 Agustus 2017di Creative Stage Galeri Indonesia WOW SMESCO Jakarta pukul 09.00 WIB.
  13. Satu tim hanya dapat mengikutsertakan maksimal 1 (satu) aplikasi.
  14. Ajang hackathon AP 2 Airport Code Race ini tidak dipungut biaya apapun. Silakan daftarkan tim Anda pada link berikut ini http://startupgp.id/daftar

 

Hak Cipta

Seluruh aplikasi yang dikembangkan dalam rangka mengikuti kompetisi ini, sepenuhnya tetap menjadi hak milik pengembang aplikasi. Penyelenggara tidak akan mengambil kepemilikan aplikasi yang mengikuti kegiatan CGK Airport Code Race.

Hadiah

  • Juara 1 mendapat hadiah senilai 13 juta Rupiah
  • Juara 2 mendapat hadiah senilai 10 juta Rupiah
  • Juara 3 mendapat hadiah senilai 7,5 juta Rupiah
  • Bagi 25 tim yang memenuhi kriteria lolos ke tahap MVP Validation & Presentation, masing-masing akan mendapatkan hadiah langsung sebesar 1 juta Rupiah.

                                                                                    

Agenda Penting

Pre Hackathon class
Minggu, 23 Juli 2017
Pukul 09.00 s/d 15.00 WIB

Open Ide Submission
Kamis, 3 Agustus 2017
Maksimal pukul 23.59 WIB

Kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Sabtu, 5 Agustus 2017
Pukul 09.00 s/d 17.00 WIB

MVP Validation & Presentation Day
Minggu, 13 Agustus 2017
Pukul 09.00 s/d 19.00 WIB

Para peserta yang hadir mengikuti hackathon dalam sebuah tim yang terdiri dari tiga orang yang berasal dari berbagai kalangan, baik profesional ataupun pelajar dan siapa pun selama mereka dapat mengikuti ketentuan kompetisi tentunya. Tersedia dua kategori yang dapat diikuti oleh peserta, yaitu peserta yang sudah memiliki aplikasi dan peserta yang belum memiliki aplikasi. Bagi yang sudah memiliki aplikasi penilaian akan dilakukan berdasarkan presentasi aplikasi dan jumlah pengguna aktif.

Untuk aplikasi peserta bisa mengembangkan aplikasi berbasis Android serta iOS atau berupa website yang telah memiliki dukungan HTML5, sehingga akan tampil baik di perangkat mobile. Sementara bagi peserta yang belum memiliki aplikasi akan mengikuti kegiatan hackathon bernama AP 2 Airport Code Race. Dimana kegiatan AP 2 Airport Code Race tersebut merupakan hasil kerja sama dengan PT Angkasa Pura 2 Persero. Untuk hackathon tersebut difokuskan pada Bandar Udara. Oleh karena itu aplikasi yang dikembangkan harus bisa dimanfaatkan sebagai solusi bagi seluruh stakeholder bandara yang dikelola PT Angkasa Pura 2 Persero.

Dengan diadakannya CGK Airport Code Race diharapkan dapat para developer dapat Menghadirkan inovasi baru yang bisa dipergunakan oleh publik pengguna bandara ketika akan berangkat, transit kedatangan, ataupun sebelum mereka tiba di bandara untuk suatu penerbangan. Selain itu juga membantu mempermudah masyarakat dalam merasakan manfaat layanan dan fasilitas Bandara Angkasa Pura 2 secara maksimal.