Kajian Ekosistem Startup Indonesia

Digitalisasi kian tak terbendung lagi. Tahun 2016 disebut-sebut menjadi sebuah era bagi perusahaan tradisional untuk mulai menjajaki operasional berbasis digital untuk menjawab tantangan di era yang serba terhubung dengan internet. Era digitalisasi juga berarti bertumbuhnya penggunaan mobile internet secara global dan pertumbuhan pasar smartphone.

Dalam hal penggunaan mobile internet secara global, International Data Center (IDC) memperkirakan bahwa pada tahun 2016 pengguna mobile internet akan menembus angka dua miliar dan Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan yang terbesar. Di sisi lain, meskipun penjualan komputer menurun di kuartal terakhir tahun 2015, IDC memperkirakan bahwa pada kuartal kedua tahun ini akan meningkat kembali.

Sementara pada 2015 silam, dalam sebuah survei disebutkan bahwa konsumen di 24 negara—termasuk Indonesia—kini semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk dan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin kompleks. Dalam hasil riset bertajuk Digital Consumer Survey 2015 dikatakan perkembangan teknologi digital telah memicu penduduk seluruh dunia untuk saling terhubung satu sama lain tanpa mengenal usia. Hal ini memunculkan generasi baru bernama screenager.
Perkembangan ini juga terjadi di Indonesia, di mana 93 persen konsumen digital memiliki telepon genggam, dan 77 persen di antaranya menggunakan jenis telepon pintar ( smartphone ). Selain itu, meningkatnya jumlah pengguna teknologi dan layanan digital juga disertai perilaku konsumen yang menginginkan pengalaman
Digitalisasi kian tak terbendung lagi. Tahun 2016 disebut-sebut menjadi sebuah era bagi perusahaan tradisional untuk mulai menjajaki operasional berbasis digital untuk menjawab tantangan di era yang serba terhubung dengan internet . Era digitalisasi juga berarti bertumbuhnya penggunaan mobile internet secara global dan pertumbuhan pasar smartphone. LIN