Serbuk Minuman Energi Berbasis Moluska

68

Teknopreneur.com  – Kesibukan masyarakat yang tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Secara tradisional banyak ditemui minuman penambah stamina menggunakan bahan dari hewan laut moluska seperti Lintah laut, Keong Mata Lembu, Kerang Pokea dan Ipong-Ipong. Penelitian menunjukkan adanya komponen aktif penambah stamina seperti taurin dan antioksidan pada Lintah Laut, juga vitamin B12 pada Kerang Pokea.

Formulasi inovatif yang ditawarkan antara lain membuat serbuk minuman penambah stamina dengan bahan baku hewan moluska yang lebih terjamin, karena jeroannya telah dibersihkan terlebih dahulu sehingga tidak membahayakan ginjal. Kandungannya pun berkualitas dengan standar tertentu. Serbuk minuman ini bisa dicampur dengan bhan herbal lainnya untuk menambah khasiatnya.

 

Keunggulan :

  • Bersifat alami
  • Mengandung Taurin Asam lemak yang cukup tinggi dan antioksidan
  • Kerang merupakan sumber vitamin B12 dan nutrisi penting bagi kesehatan
  • Berbentuk serbuk, sehingga praktis dalam penyajian

Potensi :

Industri minuman penambah stamina.

Nama Inovator :

  • Dr. Ir. Nurjanah, M.S

Institusi : Institut Pertanian Bogor

Alamat :Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga – Bogor 16680

Kejasama Bisnis : Terbatas

Kesiapan Inovasi : Siap Dikomersilkan

Status paten : Diajukan

Analisis :

Minuman penambah stamina umumnya mengandalkan gula dan kafein yang bisa berakibat buruk bagi manusia namun terus dikonsumsi. Menggunakan bahan alami seperti taurin dari hewan moluska ditambah bahan ain sebagai penambah cita rasa cukup menjanjikan.