Terobosan KDIM Meluncurkan Satelit

87
Ketua APJII, Jamalul Izza

Teknopreneur.com – Pertumbuhan teknologi yang pesat memunculkan kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan mutu infrastruktur teknologi. Dalam perkembangannya kebutuhan peningkatan tersebut berangkat dari minat yang tinggi atas penggunaan teknologi. Internet sebagai salah satu bidang teknologi yang diminati masyarakat dan dipergunakan secara massal memunculkan kebutuhan adanya penguatan dan peningkatan di bidang infrastrukturnya.

Pemerintah Indonesia belum lama ini telah menginisiasi peningkatan kapasitas, kualitas dan mutu infrastruktur internet dengan meluncurkan pita broadband di seluruh Indonesia. Bak gayung bersambut masyarakat pun mencoba memberikan kontribusi peran terhadap pertumbuhan teknologi Internet.

Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) menyambut pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia dengan merencanakan untuk peluncuran satelit. Nantinya satelit ini akan dipergunakan oleh para pengguna internet di seluruh Indonesia, pada prosesnya peluncuran satelit ini perlu dukungan masyarakat untuk pelaksanaannya. Dan dengan pola kepemilikan yang buttom up diharapkan satelit ini menjadi aset milik rakyat.

Dengan simpanan yang dapat dipilih anggota adalah simpanan sukarela kepemilikan satelit, Jumlah per unit simpanan sukarela satelit sebesar Rp. 5.000.000,-. Program satelit rakyat ini nantinya akan turut menjadi prioritas Koperasi Digital Indonesia Mandiri untuk menggenapkan product portfolio di bidang network.

Mengenai keberadaan program peluncuran satelit rakyat, Jamalul Izza menyampaikan peluncuran Satelit Rakyat merupakan milestone selanjutnya yang dikolaborasikan oleh APJII dan MASTEL melalui KDIM. “Rakyat Indonesia, dengan Satelit Rakyat ini, akan dapat terlayani kebutuhan akses Internetnya di seluruh wilayah Indonesia dengan lebih terjangkau oleh lebih dari 300 Penyelenggara Jasa Internet anggota APJII”.

Sehingga terpenuhinya kebutuhan masyarakat di bidang teknologi internet dapat terwujud di Indonesia. Dan pelayanan yang maksimal juga dapat terlaksana dengan baik, serta dapat memenuhi harapan rakyat. Peluncuran satelit ini nantinya diharapkan menjadi terobosan teknologi yang benar-benar dirasakan oleh rakyat dan untuk rakyat dengan melibatkan rakyat dalam proses pembentukan dan peluncurannya. (Lin)