LiteBIG Messenger Bertumbuh Pesat Menjadi Aplikasi Messenger Nasional Terdepan

131
Aplikasi Chat LiteBig Messenger

Teknopreneur.id – Pertumbuhan digital inovasi yang semakin marak telah melahirkan para teknopreneur muda di banyak bidang. Salah satu produk digital inovasi adalah aplikasi nasional dengan platform messenger, liteBIG messenger.

Digawangi oleh M. Tesar Sandikapura, sebagai CEO liteBIG messenger, pertama kali dibuat pada tahun 2013, dan pada proses pembuatannya mengalami berbagai tantangan. Salah satu tantangan yang paling terasa oleh liteBIG messenger adalah talent atau bakat profesional untuk bergabung dengan liteBIG sebagai programmer.

“Sangat jarang profesional sekarang yang ingin menjadi programmer, kita hampir kewalahan mencari talent atau bakat profesional dalam proses pengerjaan liteBIG messenger. Tetapi hal tersebut dapat ditanggulangi dengan memberdayakan lulusan SMK yang memang memiliki minat menjadi programmer.” ujar M. Tesar Sandikapura, CEO liteBIG messenger.

Selain talent atau bakat profesional kendala yang dihadapi adalah mendapatkan investor untuk mendanai aplikasi, tetapi hal tersebut juga sudah diatasi. Sekarang liteBIG messenger telah mendapatkan pendanaan dari salah satu pengusaha nasional yang memiliki minat yang tinggi di bidang digital inovasi.

LiteBIG messenger telah digunakan oleh 650 ribu pengguna, sebagai sebuah aplikasi nasional telah mendapatkan tempat di kalangan pengguna. Pernah menjadi trending di playstore mengalahkan beberapa developer messenger seperti Blackberry Messenger dan LINE. Masuk ke googleplay pada tahun 2014 melakukan terobosan dengan membuat fitur-fitur menarik, kenyamanan penggunaan dan keamanan penggunaan.

“Kita pernah menawarkan kerjasama ke pemerintah untuk menggunakan sistem keamanan bagi messenger dari liteBIG messenger. Dan sekarang dalam proses negosiasi dengan pemerintah untuk menjadikan liteBIG messenger sebagai aplikasi messenger resmi pemerintah. Salah satu kelebihan liteBIG messenger adalah keamanan sistem data yang memiliki kualitas yang bagus dan terhindar dari pembobolan data.” seru M. Tesar Sandikapura.

LiteBIG messenger dibuat dengan motivasi besarnya tingkat penggunaan aplikasi messenger, setidaknya dua miliar pengguna smartphone download aplikasi messenger, sehingga liteBIG messenger memandang aplikasi messenger sebagai potensi yang sangat besar dan menjanjikan. Besarnya kebutuhan pengguna terhadap aplikasi messenger membuat liteBIG messenger bersemangat untuk terus memperbaiki kualitas penggunaan aplikasi.

“Dengan besarnya penggunaan aplikasi messenger, membuat liteBIG messenger termotivasi untuk membuat aplikasi yang terpadu untuk berbagai macam kebutuhan. Serta kedepannya liteBIG messenger akan bekerjasama dengan aplikasi nasional lainnya seperti Gojek dan aplikasi e-commerce untuk kemudahan akses pemesanan dan pembayaran.” ucap Tesar Sandikapura.

Di masa yang akan datang penggunaan liteBIG messenger akan menjadi aplikasi yang memiliki kemampuan integrasi yang tinggi, sehingga apabila pengguna mengganti smartphone atau nomer handphone dapat tetap menggunakan user ID yang sama. Sehingga memudahkan bagi pengguna dalam mengelola data kontaknya dan tidak perlu berulang – ulang melakukan registrasi user ID.

Untuk mengelola aplikasi messenger yang mapan, liteBIG messenger dan kiat-kiat yang digunakan adalah konsistensi dalam mengelola kualitas aplikasi messenger. Pada dua tahun pertama liteBIG messenger masih mengedepankan kualitas penggunaan belum masuk ke masalah penghasilan, sementara untuk mengatasi persoalan pendanaan terutama untuk operasional, liteBIG messenger melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dan korporasi dengan melakukan
pengerjaan sistem jaringan internal perusahaan atau korporasi tersebut, dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan dan korporasi liteBIG messenger mengandalkan lisensi yang dimiliki.

Aplikasi messenger telah mengubah wajah dunia secara drastis dan tentunya dengan peranan dukungan pemerintah membuat aplikasi nasional memiliki tempat bagi pengguna. Dengan proteksi dari pemerintah berupa regulasi yang terpadu pemerintah dapat memajukan industri digital inovasi di Indonesia dan tentunya dampak yang terjadi adalah bertumbuhnya perekonomian Indonesia dari bidang teknologi.

Diharapkan di masa yang akan datang dengan regulasi yang ada aplikasi lokal nasional mendapat perlindungan dari persaingan global bahkan justru dengan dukungan yang terpadu aplikasi lokal nasional dapat menembus pasar dunia. Berbagai aplikasi lokal nasional telah mampu menembus pasar internasional dan liteBIG messenger memang diarahkan untuk menjadi aplikasi lokal nasional yang juga mampu menembus pasar dunia sehingga pengembangannya dapat membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia. (Lin)