Setelah China, Kini Taiwan Minat Garap Biogas Indonesia

123

Teknopreneur.com – Melihat potensi biogas di Indonesia, banyak investor dari mancanegara menyatakan minat untuk menanamkan modalnya demi pengembangan energi terbarukan tersebut. Baru-baru ini investor Taiwan menyatakan niatnya untuk berinvestasi di Indonesia. Bahkan pemerintah Taiwan sudah melakukan kunjungan bertemu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan pemerintah RI

Wakil Menteri Ekonomi Taiwan, Wei Fuu Yang memaparkan pihaknya sudah membidik sejumlah sektor yang ingin diinvestasikan di Indonesia. Untuk sektor pertama adalah infrastruktur di sektor kelistrikan.

“Kami akan investasi di sektor kelistrikan pembangkit listrik tenaga surya atau tenaga biogas,” ujar Wei Fuu Yang, Minggu (30/10/2016).

Sebelumnya, Anhui Energy Environment Protection Power Co. Ltd sebuah perusahaan energy asal China juga telah menyatakan minatnya untuk membuat pembangkit listrik tenaga biogas atau sampah. General Manager Anhui Energy, Fang Li, menyebut mereka melihat Banjarmasin punya potensi untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga biogas.

“Dengan timbulan sampah sekitar 600 ton per hari bisa menghasilkan 1.200 MW. Kisaran investasinya diperkirakan mencapai 400 juta yuan,” sebutnya. IN