Tips Membangun Startup ala Jack Dorsey

62
Founder & CEO Twitter, Jack Dorsey

Teknopreneur.com – Apa pun dinamika yang saat ini sedang terjadi pada bisnis Twitter, faktanya Twitter adalah salah satu perusahaan teknologi yang telah menuai kesuksesan, terkenal dan dicintai di seluruh dunia dan terus mengalami peningkatan. Didirikan oleh Jack Dorsey, seorang entrepreneur yang saat ini juga menjabat sebagai CEO dari Square, perusahaan yang mengembangkan platform pembayaran aplikasi mobile. Jack Dorsey selama ini juga dikenal sebagai angel investor yang ikut serta membiayai aplikasi mobile seperti Instagram dan perusahaan rintisan lainnya.

Artikel berikut ini akan membahas 5 saran terbaik dari Jack Dorsey, yang baiknya dicermati oleh pelaku startup.

Tuangkan ide yang ada

Salah satu kunci kesuksesan dari Jack Dorsey adalah kebiasaannya untuk menuangkan ide yang ada segera, dengan demikian Anda bisa memiliki gambaran produk apa yang ingin dibuat untuk kemudian segera diluncurkan. Hal terberat yang kebanyakan dilakukan oleh pelaku startup adalah menuangkan ide dan bagaimana ide itu dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat. Untuk itu seperti yang telah dilakukan oleh Jack Dorsey, jangan pernah ragu untuk menuliskan ragam ide yang dimiliki, agar memudahkan Anda mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah produk yang nyata.

Buat produk yang disukai semua kalangan

Ketika Twitter mulai dikembangkan oleh Jack Dorsey dan tim, tidak pernah ada gambaran atau keinginan untuk membuat produk tersebut kepada kalangan atau segmentasi yang khusus. Idealnya ketika Anda berencana untuk membuat produk, ciptakanlah sebuah produk yang nantinya bisa dinikmati oleh semua kalangan bukan hanya di negara Anda namun juga secara global. Namun yang tidak kalah penting adalah, buatlah produk yang berfungsi dan berpotensi disukai oleh semua orang.

“If your product can meet that high standard, markets, whether they’re in St. Louis or Cairo, will tailor the product to fit whatever they need.”

Bangun tim yang solid

Tentunya hal berikut ini sudah menjadi rahasia umum, startup yang sukses adalah startup yang memiliki tim yang loyal dan tentunya solid. Menjadi penting untuk pendiri startup menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi yang ada. Seberapa canggih atau sempurnanya produk yang Anda miliki, namun jika tidak didukung dengan tim yang solid, startup Anda akan sulit untuk berkembang.

“For fledgling startups, the greatest value is not necessarily in their product, which may not even exist yet, but the talent that can help to build that business.”

Pimpinan yang bertanggung jawab

Sebagai seorang pimpinan yang telah berhasil membangun dua perusahaan, Jack Dorsey memahami pentingnya kepemimpinan yang bertanggung jawab diterapkan dalam startup. Seorang pimpinan juga harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan mengontrol berbagai hal yang terjadi dalam perusahaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan jalannya kegiatan operasional startup adalah dengan melakukan komunikasi yang baik dan transparan.

Untuk itu bagi Anda seorang Founder yang berencana untuk mendirikan startup, pastikan Anda mengetahui bisnis yang akan Anda jalankan dan berbagai aspek pendukung lainnya. Di sisi lain menjadi pimpinan artinya Anda harus mengetahui apakah anggota tim dapat melakukan kolaborasi dengan baik.

“The way I think about it is editing the team and making sure that the best folks are on the team and we’re asking the ones that don’t fit to leave and all parting ways.”

Membuat jadwal kerja

Hal menarik lainnya yang juga diterapkan oleh Jack Dorsey setiap harinya adalah membuat jadwal kerja. Hal tersebut dapat membantu ketika situasi tidak dapat dikendalikan. Melakukan kegiatan sesuai jadwal bukan hanya bisa menghindari Anda dari stres namun juga bisa membuat pekerjaan menjadi teratur.

Awali minggu Anda dengan membuat pertemuan rutin dengan anggota tim, kemudian di hari Selasa Anda bisa mulai fokus mengembangkan produk atau inovasi lainnya, untuk hari Rabu Anda bisa mulai fokus dengan kegiatan pemasaran. Menyusul hari Kamis Anda bisa melakukan kegiatan networking atau membuka partnership dengan pihak yang relevan dengan bisnis Anda, untuk hari Jumat Anda bisa mulai menerapkan kultur perusahaan yang sesuai.

 

Sumber : disadur dari berbagai sumber