Teknopreneur.com – Ajang kongres energi terbarukan dunia yang ke 15 digelar di Indonesia. World Renewable Energy Congress 2016 ( 15th WREC) akan digelar 19-23 September 2016 di Jakarta Convention. Acara yang bertemakan “ Sustainable Energy For All And All For Sustainable Energy”  ini diramaikan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan dan para investor yang diharapkan untuk menanamkan modalnya di industri energi terbarukan Indonesia.

Pada acara “Launching 15th World Renewable Energy Congress 2016” di Gedung Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, medio 2015 lalu, Ketua Panitia Pelaksana WREC 2016 Herman Darnel Ibrahim mengatakan kongres ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk memberitahukan kepada dunia internasional mengenai perkembangan sektor energi, khususnya bidang energi terbarukan. Ia mengatakan hal ini mengingat kongres ini akan dihadiri oleh sekitar 1.000 peserta dari 68 negara.

 “WREC merupakan forum pertemuan para ilmuwan, pembuat kebijakan, pakar, pemimpin bisnis dan industri, organisasi masyarakat madani, operator, investor dan lembaga keuangan, organisasi donor internasional yang terlibat dalam upaya global untuk mendorong peningkatan pemanfaatan energi bersih dan terbarukan,” ujar Herman Darnel.

Sementara dalam situs resmi Kementerian ESDM, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi, Rida Mulyana menyatakan harapannya agar acara yang dihelat di Jakarta ini harus diagendakan sesi investment forum, market place atau business forum sehingga bisa mendatangkan investor.

“Saya berharap adanya acara 15th World Renewable Energy Congress 2016 akan membawa banyak investor ke Indonesia,” ujarnya.

Menjawab harapan Dirjen EBTKE, Rida Mulyana, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia yang juga penyelenggara kongres, Suryadarma mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan beberapa international trade dari masing-masing kedutaan dan semua membuat forum-forum dalam rangka menggiring investment forum.

“Mereka sudah mengatur jadwal dengan panitia supaya tidak bentrok antara satu dengan yang lain,” ujar Suryadarma.

WREC merupakan forum pertemuan para ilmuwan, pembuat kebijakan, pakar, pemimpin bisnis dan industri, organisasi masyarakat, operator, investor dan lembaga keuangan, organisasi donor internasional yang terlibat dalam upaya global untuk mendorong peningkatan pemanfaatan energi bersih dan terbarukan. 

Para peserta kongres juga akan saling berbagi pengetahuan dan inovasi terbaru serta berbagi pengalaman praktik dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dan upaya efisiensi energi.