Tahun lalu startup ProSehat mewakili Indonesia ke Seedstars Summit di Swiss. Tahun ini Seedstars World kembali digelar di Conclave, Jakarta dan melibatkan sembilan startup yang akan berkompetisi menjadi wakil Indonesia di Seedstars Summit 2016 dan berpeluang mendapatkan dana investasi hingga US$1 juta.

Setelah membuka proses pendaftaran hingga 7 September, terpilihlah sembilan startup yang akan berkompetisi di Seedstars World Jakarta yang akan digelar di Conclave, Jakarta Selatan, 10 September 2016. Para pelaku startup dipilih karena memenuhi beberapa persyaratan yaitu startup yang berdiri kurang dari dua tahun, memiliki investasi kurang dari US$500 ribu serta mampu memberikan solusi untuk isu-isu regional serta mengembangkan produk-produk yang menguntungkan bagi pasar global.

Seedstars World mencari para entrepreneur terbaik dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memenangkan dana investasi hingga 1 juta dolar AS beserta jaringan dengan para investor dan mentor dari berbagai belahan dunia. Mereka juga akan memperebutkan kesempatan untuk berkompetisi di Seedstars Summit, yang secara rutin diadakan setiap tahun di Swiss. Tahun lalu startup Pro Sehat, sebuah aplikasi apotik dan tanya dokter secara online, mewakili Indonesia di kompetisi Seedstars Summit.

“Seedstars World adalah sebuah platform yang menghubungkan para investor dengan para startup founder generasi selanjutnya, tidak hanya mereka yang berasal dari Silicon Valley dan Eropa Barat. Setelah hadir selama tiga tahun, kami telah mengkonfirmasi hipotesis kami dengan tepat, bahwa cara terbaik untuk menghasilkan dampak di negara-negara berkembang adalah dengan berinvestasi dan mempromosikan kewirausahaan. Startup-startup kami sebelumnya mulai menunjukkan track record yang mengagumkan, dan kami tidak sabar untuk melihat apa yang akan dibawa oleh startup-startup dari edisi keempat,” kata Alisée de Tonnac, CEO Seedstars World.

Para startup ini akan melakukan pitching dihadapan juri-juri kompeten yang terdiri dari Alamanda Shantika, Vice President GO-JEK; Sanny Gadafi, Co-founder 8villages; Dondi Hananto, Founder Kinara; Andreas Senjaya, CEO Badr Interative; Rama Mamuaya, Founder and CEO Daily Social dan Usman Khan Lodhi, Head Digital Strategy and Invesment Indosat Ooredoo.

Berikut sembilan startup yang akan bersaing di Seedstars World Jakarta 2016:

1. Konsaato

Platform online demand forecast pertama di Indonesia yang bersifat mendatangkan musisi favorit dan mewujudkan mimpi para fans musik di kota kesayangan mereka.

2. Sevva

Rental marketplace yang mempertemukan pemilik barang dengan penyewa barang. Penggunan dapat menghemat uang dengan menyewa barang yang hanya digunakan sementara waktu dan mendapatkan uang dengan menyewakan barang yang tidak terpakai.

3. Azzam Trade

Platform yang akan menjembatani produsen busana muslim Indonesia yang terus berkembang untuk menyasar pasar busana muslim di negara lain.

4. Shinta VR

Platform untuk membuat dan membagikan game serta simulasi virtual reality secara mudah.

5. Blumbang Reksa

Sebuah produk Internet of Things (IoT) yang berfungsi memonitor kondisi air, kondisi suhu, kelembapan, hingga salinitas pada sebuah tambak udang.

6. Appskep

Aplikasi yang dapat membantu para perawat di rumah sakit untuk mengumpulkan data-data pasien, dan menentukan penanganan selanjutnya yang harus dilakukan.

7. Taptopick

Aplikasi laundry on-demand untuk menjemput pakaian kotor pelanggan dan membawanya ke laundry partner.

8. Akomoo

Platform yang menghubungkan antara event planner dan vendor. Dengan Akomoo, event planner bisa mencari vendor yang sesuai dengan kebutuhan.

9. Kostoom

Layanan penjahit online khusus wanita yang menghubungkan calon customer untuk menemukan penjahit yang tepat untuk dapat membuat pakaian yang mereka inginkan.