Teknopreneur.com – Salah satu tantangan bagi para pemain Pokemon Go adalah memiliki cadangan Pokeballs—media untuk menangkap pokemon—yang cukup untuk bisa menangkap pokemon yang kadang tak mempan dengan satu atau dua Pokeballs. Sementara untuk menunggu stok gratisan dari Pokestops rasanya perlu kesabaran khusus.

Bagi pemain yang memang tak sabar, dapat dengan mudah membeli Pokeballs sebanyak yang diinginkan dengan coin yang bisa dibeli di menu Shop di Pokemon Go. Memang resminya game ini belum beredar di Indonesia, namun pembeli di Indonesia sudah bisa bertransaksi dengan mata uang Rupiah atau dengan voucher Google Play Gift Card.

Namun akibat dari update yang dilakukan oleh Niantic Labs sebagai developer dari Pokemon Go mengakibatkan hilangnya beberapa fitur yang juga sebelumnya bisa didapatkan dengan membeli menggunakan Pokecoin.

Tentu saja ini membuat para pemain yang telah merogoh kocek untuk beberapa item untuk fitur yang hilang menjadi marah dan kecewa. Ternyata kini mereka bisa saja mendapatkan kembali apa yang telah mereka keluarkan untuk fitur-fitur yang hilang.

Pemain di Reddit Page Pokemon Go meminta  pengembalian dana mereka dari Apple dan Google—sesuai perangkat tempat game terinstall, berdasarkan terms of service di digital storefronts mereka.

Mengapa bisa demikian?

Menurut pengguna Reddit yang bernama Jackstepper  Apple tidak segera mengganti iklan mereka terkait update dari game Pokemon Go.

 “Seperti pada Apple, bagaimana Niantic telah merubah cara bermain game ini dengan menghapus beberapa fitur penting seperti kemampuan melacak Pokemon. Sementara Apple masih mengiklankan fitur tersebut”

Sebenarnya ini tidak sepenuhnya salah jika Apple melakukan hal tersebut. Karena itu adalah bentuk promosi.

“Carilah Pokemon dan berbagai item lainnya sejauh dan seluas mungkin—karena beberapa jenis Pokemon muncul di lingkungan habitat mereka. Sebut saja Pokemon Air yang tentu akan lebih banyak dan mudah ditemukan di danau, pantai atau sungai. Lalu kunjungi Pokestops yang biasanya terdapat di tempat-tempat menarik seperti museum, taman kota, tempat bersejarah, landmark untuk mendapatkan Pokeballs dan item-item yang dibutuhkan.”

Beberapa orang di thread Reddit mengklaim mereka telah menerima refund pembelian dari kedua perusahaan (Apple & Google). Tech Insider membantu Apple dan Google untuk masalah ini namun belum mau menanggapi permintaan untuk berkomentar tentang hal ini.

Beberapa media di Amerika telah mengkonfirmasi kabar tentang refund ini secara mandiri dan menyatakan bahwa kabar tersebut benar. Ini dilakukan dengan meminta karyawan mereka yang bermain Pokemon Go untuk mencoba mengajukan refund, dan ternyata berhasil.

Apa yang dilakukan oleh Apple dan Google yang mengganti dana yang sudah dikeluarkan oleh para pemain Pokemon Go bisa jadi terlihat merugikan. Namun sepertinya ini masih seimbang dengan pendapatan mereka yang juga terdongkrak berkat semakin populernya game ini.