Teknopreneur.com – Indosat Ooredoo mengumumkan peluncuran aplikasi penerimaan pembayaran mobile D-Pay. Bekerjasama dengan GoSwiff Internasional, yang merupakan provider pelayanan keuangan sebagai mitra teknologi serta bisnis, dan BNI sebagai bank yang dipercayai untuk melayani transaksi keuangan.

Pelayanan keuangan D-Pay memberikan keleluasaan bagi toko dalam pembayaran mobile, dengan paket pelyanan konsumen yang menggunakan kartu debit dan kartu kredit serta melalui eWallet, dimanapun dan kapanpun menggunakan pelayanan D-Pay.

D-Pay mengubah perangkat mobile menjadi alat pembayaran dengan platform yang multifungsi, yang tadinya tidak memiliki akses dan infrastruktur yang memadai untuk mengoptimalisasi pendapatan digunakan dalam transaksi pelayanan tradisional Point Of Sale (POS), menjadi kartu yang dapat menerima pembayaran secara Mobile Point Of Sale (mPOS).

Perubahan ini akan membuat toko pengguna D-Pay meningkatkan penjualan dan menambah jumlah konsumen, yang pada akhirnya bisnis-bisnis mereka bertumbuh. Dari sudut pandang konsumen, mPOS akan menjadi pembayaran yang lebih aman dan nyaman.

Prashant Gokarn, Chief of New Business and Innovation Officer Indosat Ooredoo mengatakan, D-Pay adalah produk terbaru pelayanan bisnis secara mobile. Melengkapi pelayanan yang ada selama ini seperti electronic wallet, pembayaran nota penagihan, pembayaran eCommerce, transfer uang domestic dan internasional serta perbankan mobile, D-Pay mengurangi penggunaan uang tunai dan efisiensi di biaya logistic untuk mitra eCommerce, dimana keuntungan yang didapat adalah harga yang murah dan kepastian pengiriman.

“Di Indonesia solusi pembayaran masih dalam tahap awal pertumbuhan, mayoritas retail masih menggunakan pembayaran uang tunai atau membebani biaya pada penggunaan kartu kredit. Bagi perusahaan-perusahaan eCommerce, D-Pay merupakan jawaban untuk retail kecil dan menengah, yang membutuhkan alternatif cara pembayaran namun dengan skala bisnis mereka, perbankan konvensional menjadi mahal,” ujar Prashant.

Penggunaan pembayaran digital membantu untuk membentuk generasi baru jenis-jenis toko, yang menggunakan pembayaran digital daripada uang tunai, dan memudahkan bagi konsumen dengan kemudahan transaksi, aman dan lebih efisien.

Stefano Diemmi, Head of Global Accounts, GoSwiff International mengungkapkan kebanggaannya dipilih Indosat Ooredoo sebagai penyedia pelayanan pembayaran mobile di Indonesia yang notabene memiliki potensi pasar besar. Dengan melayani konsumen Indonesia dalam jangka panjang, GoSwiff optimis dapat melayani toko lokal lebih baik.

“Kami mencari solusi untuk mengembangkan penggunaan E-Money untuk pembayaran tanpa uang tunai, yang memiliki cara penerimaan seperti kartu E-Money yang telah dibuat Indosat Ooredoo, Dompetku,” ungkap Randy Pangalla, Head of Mobile Finance Group Indosat Ooredoo.

Randy Pangalla menyebutkan, kerjasama yang erat dengan GoSwiff sebagai mitra teknologi dan BNI sebagai mitra perbankan. Kami percaya profesionalisme yang ada akan memperkuat kemitraan ketika mengakuisisi pasar dan inovasi, bersamaan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen kami. Kemitraan ini akan mengubah secara cepat, tidak hanya di bidang Mobile Payment di Indonesia namun juga memperkuat perilaku konsumen menuju masyarakat tanpa uang tunai. Lebih dari itu D-Pay termasuk dalam paket data, voice dan sms, juga mendukung retail menjalani bisnis kesehariannya. (Lin)