Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat Harteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional, yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Harteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti bahwa negara kita telah berhasil mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif yang kemudian menghasilkan produk inovasi nasional yang membanggakan sampai ranah internasional. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan Iptek dan inovasi dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Peringatan Harteknas ke 21 tahun 2016 mengangkat fokus inovasi karena saat ini prinsip-prinsip inovasi better, cheaper, faster tanpa melupakan kualitas dan keunikan sumberdaya kita yang dikembangkan dengan memanfaatkan Iptek, yang memungkinkan kita untuk masuk ke dalam persaingan global.

Tema Harteknas ke 21 menggarisbawahi peran Iptek dan inovasi sebagai ujung tombak komponen penentu kemandirian dan daya saing bangsa. Beberapa ciri penting dari sebuah negara yang mandiri dan berdaya saing tergambar dari ciri inovatif yang dimiliki seperti tingkat produktivitas yang tinggi, pemasaran produk yang murah dan cepat, pelayanan administrasi publik yang transparan, terintegrasi dan efektif, namun tetap mengutamakan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang dimiliki. Meningkatnya kemandirian bangsa pada gilirannya akan mengantarkan bangsa Indonesia yang berdaya saing dan akan mengangkat harga diri serta kedaulatan bangsa sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2016 ini akan menyelenggarakan penganugerahan bagi karya inovasi nasional yang memenuhi kriteria penilaian yang ditetapkan. Sekaligus kegiatan ini merupakan rangkaian momentum dalam memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional tahun 2016.

Kegiatan ini bersifat terbuka dan dapat diikuti oleh semua kalangan masyarakat, organisasi, lembaga, serta perguruan tinggi dan perusahaan yang saat ini telah diikuti lebih dari 150 peserta dari berbagai daerah dan instansi.

Penyerahan Anugerah Karya Inovasi Nasional akan dilakukan pada acara puncak Harteknas ke 21 tanggal 8 Agustus 2016 di Solo dalam Malam Apresiasi. Anugerahy Karya Inovasi Nasional akan diserahkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di hadapan Presiden RI Joko Widodo.

Penjelasan secara lengkap dapat diakses melalui web resmi Kemenristekdikti dengan alamat : anugerah.ristekdikti.go.id