Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Berpuluh tahun kemudian, Surabaya tumbuh tidak lagi hanya sekadar tempat pertempuran fisik. Surabaya kini menjadi pusat berbagai industri dan aktivitas ekonomi. Bermodalkan populasi penduduk muda yang produktif, Surabaya dicanangkan sebagai kota inovasi dan kreativitas oleh Tri Rismaharini, Walikota Surabaya.

Berbagai program yang mendorong karya anak muda didukung oleh pemerintah kota. Popcon Surabaya, sebuah festival kreatif yang mewadahi kreator lokal Indonesia diadakan dengan tujuan agar para kreator lokal di Indonesia untuk dapat menunjukkan karya, sekaligus menjadi wadah yang dapat mencetuskan kolaborasi antara kreator dengan berbagai pelaku industri di dalam dan luar negeri. Dengan mengambil tema City of Superheroes​, Popcon Surabaya yang akan dilaksanakan 4-5 Juni 2016 ini akan digelar di Gedung Siola yang terletak di Jalan Tunjungan. Sebagai salah satu gedung di Surabaya yang memiliki nilai historis yang tinggi, Gedung Siola menjadi tempat yang tepat untuk memperjuangkan dan merayakan kreator lokal untuk go global.

Tidak hanya karena letaknya yang strategis di pusat kota Surabaya, dahulu Gedung Siola dibangun sebagai benteng yang digunakan oleh tentara Indonesia untuk menahan serangan dari tentara sekutu selama perang kemerdekaan. Sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kota Surabaya yang ke 723, selama dua hari, Popcon Surabaya 2016 akan mengadakan berbagai program seperti talk show, lightning session, workshop, portfolio review, dan exhibition. Talk show dan lightning session akan diisi oleh diskusi dan presentasi menarik dari para pelaku industri kreatif dari berbagai sektor: komik, film, video, desain, animasi, game hingga musik. Sebagai contohnya, Faza Meonk (Komikus) dan Sweta Kartika (Komikus), akan menjadi pembicara yang membahas tentang Intellectual Property (IP).

Dalam talk show-nya nanti, mereka akan berbagi bagaimana mengelola IP menjadi sebuah bisnis. Sementara itu, sesi workshop akan menghadirkan kelas kreatif untuk mengasah keterampilan yang akan dibawakan oleh praktisi industri kreatif yang berpengalaman. Di antaranya akan hadir Dennis Adishwara, CEO Layaria.com yang akan berbagi mengenai video 360, hingga Andi Martin, CEO Kratoon yang akan membahas mengenai mengembangkan IP agar bisa berkelanjutan.

Kompetisi untuk Melahirkan Karakter Superhero Asli Surabaya

Untuk menghasilkan pahlawan-pahlawan baru, Popcon Surabaya mengadakan Intellectual Property (IP) Competition. Kompetisi ini dibuka bagi seluruh anak muda Surabaya yang bisa membuat design superhero dan akan mendapatkan IP mereka sendiri. Karakter superhero yang dimaksud adalah karakter superhero yang ditemui sehari-hari dan kaya akan unsur budaya lokal Surabaya. Misalnya, secara visual karyanya bisa mengaitkan dengan tokoh, tempat, makanan, tarian, bahasa dan lainnya yang terkenal di Surabaya. Desainnya juga harus relevan dengan tema Popcon Surabaya, yaitu City of Superheroes, sehingga diutamakan memiliki sifat yang kuat, ramah, cerdas, memiliki superpower, cepat, dan berniat membantu sesama.

Tak hanya itu, bentuknya pun harus menarik dan fleksibel. Bagi pemenang IP Competition ini, tiga karakter terbaik akan difasilitasi untuk mengembangkan IP-nya secara gratis dengan dibantu oleh tim Popcon Surabaya. Selain itu, pemenang kompetisi ini juga akan mendapatkan akses penuh ke semua rangkaian acara Popcon Surabaya 2016, seperti Portfolio Review, workshop, talk show, dan lain sebagainya. Pemenang juga berkesempatan untuk mendapatkan mentoring dengan Pionicon dan Kratoon untuk lebih lanjut mendapatkan insight dalam mengembangkan karakter yang diciptakan. Karakter terbaik akan mendapatkan akses ke berbagai company yang hadir di Popcon Surabaya guna berkolaborasi lebih lanjut.