Teknopreneur.com-Jika dulu yang namanya pahlawan adalah orang yang melawan para penjajah. Namun saat ini pahlawan tak lagi seperti dulu, pahlawan di era digital seperti ini pahlawan yang dimaksud justru pahlawan yang sukses menggerakan bisnis dalam bidang ekonomi kreatif.

Oleh sebab itu, Bukalapak mengadakan konferensi pers sekaligus penandatanganan MoU dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai bentuk komitmen bersama untuk memajukan para Pelaku Ekonomi Kreatif agar dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui pemanfaatan digital. Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Achmad Zaky selaku CEO dan Founder Bukalapak dan Bapak Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif, bertempat di Kantor Bukalapak Gedung Plaza City View, Kemang, Jakarta Selatan.

Para pelaku usaha tersebut adalah jantung penggerak perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi serta andil bagi badan usaha dan penyerapan tenaga kerja secara nasional. Program Pahlawan Ekonomi Kreatif merupakan program untuk mendorong para pelaku usaha mikro di bidang ekonomi kreatif   memperluas   pasar   untuk   kreasinya   dengan   signifikan   melalui platform online Bukalapak. Para Pelaku Ekonomi Kreatif dari Sabang sampai Merauke memiliki potensi yang sangat besar. Untuk membantu kelangsungan usaha dan persaingan di MEA, para pelaku usaha harus tetap terhubung dan terdukung.

“Kami percaya bahwa ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya para Pelapak di Bukalapak, adalah penggerak dalam industri perdagangan tanah air. Dengan usaha pemerintah untuk memberikan dukungan bagi para pelaku ekonomi kreatif, kami ingin turut berkontribusi untuk membantu pemasaran melalui pemanfaatanplatform digital. Melalui kerja sama kami dengan Bekraf, kami berkomitmen untuk mengajak dan membantu 100,000 pelaku ekonomi kreatif untuk go online,” ucap Achmad Zaky, Founder & CEO Bukalapak.

Melalui kerja sama ini, Bukalapak dan Bekraf berkomitmen untuk melakukan pendampingan pemasaran online, fasilitasi hak cipta, dukungan financial,pengembangan talent, serta pembinaan pengembangan produk kreatif bagi para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

“Bekraf menyambut baik kerja sama yang akan kami lakukan dengan Bukalapak. Bukalapak memiliki misi untuk bersama-­‐sama memajukan para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.  Selain itu, dari 16 subsektor industri kreatif yang menjadi tugas pokok kami, tujuh di antaranya seperti fashion, kuliner, kerajinan, musik, desain komunikasi visual, aplikasi dan pengembangan game, hingga seni rupa dapat kita kembangkan melalui kerja sama dengan Bukalapak, Lebih lanjut kita juga dapat memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif ini agar dapat terus terkoneksi, terhubung dan bersaing di MEA melalui aplikasi Bukalapak,” ujar Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Pak   Triawan   menambahkan   bahwa platform   e-­‐dagang   secara   luas   adalah   keniscayaan   untuk meningkatkan    pasar    produk    ekonomi    kreatif    Indonesia,    baik    untuk    pasar    nasional    maupun internasional. Program Pahlawan Ekonomi Kreatif  sangat  relevan  dengan  sasaran  Bekraf  untuk meningkatkan kontribusi sektor ekonomi  kreatif  terhadap  pertumbuhan  perekonomian  nasional, baik dari segi PDB maupun    ekspor.

Kampanye Sang Pahlawan merupakan inisiatif dari Bukalapak untuk menginspirasi dan mendorong para pelaku UKM dan pembeli untuk bersama-­‐sama menjadi pahlawan dalam mendukung kemajuan ekonomi  Indonesia.

“Melalui kampanye ini, kami ingin mengapresiasi masyarakat Indonesia, yang tanpa mereka sadari adalah  pahlawan  bagi  bangsa  ini.  Kami  juga  ingin  mengajak  masyarakat  untuk  bersama-­‐sama bergotong royong membantu   para   pelaku   UKM   untuk   terus   berkembang,   agar   dapur   tetap ngebul, agar si kecil tetap pergi ke sekolah, bahkan agar roda ekonomi bangsa tetap terus berputar. Mari bergabung dan jadilah #PahlawanPelapak!” tutup Achmad Zacky.