Teknopreneur.com-Promo Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015 telah berlangsung dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2015 lalu, dan ternyata periode tersebut telah terbukti menjadi salah satu periode tersibuk dan terpadat bagi industri e-commerce sepanjang tahun, tak terkecuali untuk Berrybenka. Kemeriahan Harbolnas tahun ini pun menyisakan banyak temuan menarik. Beberapa diantaranya adalah:

Selama periode 10-12 Desember 2015, rata-rata jumlah pengunjung yang masuk ke www.Berrybenka.com mengalami kenaikan hingga 1500 persen dibandingkan traffic hari biasa. Hal ini meningkat 50% dari Harbolnas tahun lalu dimana Berrybenka mengalami kenaikan traffic hingga 1000 persen selama Harbolnas 2014.

Meskipun website sempat mengalami gangguan teknis di hari pertama periode promo dikarenakan tingginya traffic dari para pelanggan kami, namun ternyata antusiasme konsumen tetap tinggi dan berlanjut hingga puncaknya di tanggal 12 Desember 2015. Demi permintaan pelanggan, Berrybenka juga memperpanjang periode promo “Buy 2 Get 1” yang sebelumnya hanya berlangsung hingga 12 Desember, kemudian diperpanjang hingga 14 Desember 2015.

Tidak hanya peningkatan lalu lintas web, peningkatan transaksi selama Harbolnas 2015 melonjak sebanyak 7X lipat jika dibandingkan dengan periode reguler. Dari total transaksi, sebanyak 40% dari pelanggan yang melakukan pembelian adalah konsumen yang baru pertama kali belanja di Berrybenka.

Selama Harbolnas 2015, periode waktu tersibuk berlangsung dalam dua periode waktu setiap harinya, yaitu di siang hari jam 11.00 hingga 14.00, dan di malam hari jam  19.00 hingga 21.00. Namun diantara 2 rentang waktu tersebut, pukul 12.00 menunjukkan periode puncak tertinggi, baik dari sisi traffic maupun transaksi.

Selama periode promo Harbolnas, ternyata produk-produk terfavorit yang paling banyak dibeli adalah beragam pakaian, sepatu, tas dan aksesori dari merek Berrybenka Label, private label Berrybenka yang baru saja dirilis bulan April 2015 lalu. Dilihat dari kategori produk, penjualan terbesar berasal dari kategori baju (50%), dilanjutkan dengan tas dan sepatu (20%) serta kecantikan (10%) dari keseluruhan order.

Pelanggan wanita masih mendominasi dengan persentase sebanyak 80% diikuti oleh pelanggan pria sebanyak 20%. Dan pembelian melalui desktop masih menjadi pilihan utama untuk para konsumen Berrybenka selama Harbolnas 2015. Sebanyak 55% transaksi berasal dari desktop, mobile web sebesar 28% dan mobile apps sebanyak 17%. Pengguna mobile apps Berrybenka yang melakukan transaksi selama Harbolnas berasal dari Ios (11%) dan Android (6%).

Jakarta tetap mendominasi angka transaksi– beserta kota besar lainnya sebagai “Top Spender” selama promo Harbolnas. Selain Jakarta, kota-kota besar tersebut yaitu Tangerang, Bandung, Bekasi, Depok, Surabaya, Medan, Semarang, Bogor, Makasar, dan Malang.