Pecinta serial Upin & Ipin boleh berbahagia, pasalnya sekarang masyarakat juga bisa menikmatinya sebagai game berjudul Upin & Ipin Demi Metromillenium. Les’ Copaque, rumah produksi Upin dan Ipin telah mempercayakan  Agate Studio untuk bekerja sama dalam pembuatan game ini.

Animasi  ini bercerita tentang Upin & Ipin yang terinspirasi dari Sarjan Husin 3000, sebuahserial yang tengah populer. Di sini, Upin & Ipin berimajinasi menjadi seorang Sarjan Husin yang melindungi kota dari serangan monster jahat. Adegan dimana Upin & Ipin melawan robot telur inilah yang diambil dalam game.

Tim Agate Studio mengaku harus melalui proses brainstorming antara tim Upin & Ipin untuk sampai pada proses development. Setelah melalui proses brainstorming tersebut, kemudian disepakati bahwa game yang dihadirkan berupa game endless runner.

“Awalnya kita pengen bikin game platformer shooter, karena dari tim Upin Ipin  sudah siap prototypenya. Namun waktu itu Pak Burhan (Managing Director Les Copaque) ingin supaya Upin-Ipin lari-lari seperti di Jokowi GO!” terang Valent, produser Upin & Ipin Demi Metromillenium Game.

Dalam game ini terlihat Upin & Ipin berlari tanpa henti sembil menghindari hambatan dan mengambil koin-koin yang tersebar. Semakin banyak koin yang diambil, semakin besar pula score yang diperoleh. Pada score tertentu, Upin & Ipin akan melawan robot telur. Cara melawan robot telur tersebut yaitu dengan tap indikator berbentuk lingkaran. Jika bar robot penuh, Upin & Ipin akan dapat memanggil Metrobot Si Robot Besar untuk melancarkan serangan pada robot telur yang bandel. Tak hanya itu, kalian juga bisa bertemu dengan teman-teman Upin & Ipin seperti Mei-Mei, Jarjit, Mail, Ehsan, dan Fizi hadir juga pada game ini.

Dalam proses development Game Upin & Ipin Demi Metromillenium dibagi menjadi dua tim antara tim Upin & Ipin dan Agate Studio. Bagian seperti Game Design, Game Programming, Sound Effects, Musik, dan User Interface dikerjakan oleh Agate Studio. Sedangkan bagian seperti 3D Art, Voice Act, dan Music dilakukan oleh Tim Upin & Ipin.

Valent menuturkan pengalaman kerjasama dengan Tim Upin & Ipin cukup mengalami banyak tantangan, terutama dalam hal komunikasi karena menggunakan skype call dan bahasa Inggris.

“Kita mengalami cukup banyak distorsi di komunikasi. Menjelaskan concept dan teknis pengerjaan dengan bahasa Inggris cukup menantang. Untungnya di tim Upin Ipin ada satu orang Indonesia yang terlibat dalam pengerjaan game ini. Jadi akhirnya kita komunikasi pakai bahasa Indonesia,” ujar Valent tertawa.

Game yang membutuhkan koordinasi tangan dan otak ini ditujukan kepada penggemar Upin & Ipin yang mayoritas adalah anak-anak. Saat ini, game Upin & Ipin Demi Metromillenium sudah bisa diunduh melalui Google Play. Agate Studio bahkan merilis pada 26 Juli 2015 game ini telah didownload sebanyak 500 ribu.