Teknopreneur.com – Resiko terburuk dari memiliki Drone adalah menghilangkannya. Pilot biasanya akan menerbangkannya pada ketinggian tertentu agar Drone milik mereka terhindar dari bahaya. SmartChutes merupakan sebuah perusahaan Kickstarter yang menemukan cara dengan menciptakan parasut yang secara otomatis akan terbuka apabila Drone dalam keadaan bahaya.

Dikutip dari Popular Science (22/05) Michael Pick selaku pencipta SmartChutes mengatakan pertama kalinya menerbangkan quadcopter miliknya, dia merasa tidak tenang melepaskan sebuah peralatan sangat mahal ke udara. Maka dari itu muncul ide menciptakan sistem darurat untuk Drone, sebuah parasut 35-inch, dengan panjang 4.25 inch, memiliki diameter 1,5 inch, dan terdapat sensor dengan berat 4 ons. Peralatan ini bisa ditempelkan pada Drone yang beratnya mencapai 4 pound. Sensor membutuhkan waktu 15 detik untuk menyala dan mengoperasikan baterainya sendiri. Sebuah akselerometer dan giroskop dapat mendeteksi apakah Drone akan terbalik, terjun bebas, atau terjadi kemiringan sampai 90 derajat. Jika manuver ini dinyatakan bahaya sensor akan melepaskan parasut.

Harga awal dari parasut ini sebesar $130, dalam enam hari setelah promosinya SmartChute sudah mencapai seperlima keuntungan dari yang diharapkan.

 

Penulis: Aswin Rahardianto