Jokowi, Jadi Enterpreneur Sukses Harus Keluar dari Zona Nyaman

64
Mandiri Young Technopreneur 2014

Teknopreneur.com-“Tolong pilihkan 5 orang saja wirausaha yang unik dan menyentuh masyarakat. Akan saya tambahkan capital 100juta per orang,”kata Presiden RI, Joko Widodo saat menghadiri acara gerakan kewirausahaan Mandiri 2015. Jokowi ingin mendapatkan lima tim terbaik yang mengikuti ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM),Mandiri Young Technopreneur (MYT),Wirausaha Sosial Mandiri (WSM) untuk dibantu pengembangannya.

Orang nomor satu di Indonesia itu optimis kalau Indonesia akan besar jika banyak wirausaha yang tumbuh. Karena Indonesia itu negara yang besar, pasarnya besar sehingga berpeluang besar untuk menjadikan Indonesia besar.
Jokowi pun menghimbau, kepada para tamu yang hadir agar jangan mau pasar Indonesia diduduki oleh enterpreneur luar. Dia berharap pasar Indonesia yang menguasai adalah orang Indonesia. Apalagi saat ini sudah banyak developer game,animasi,online store, pembangkit listrik tenaga ombak. Menurutnya ini merupakan hal-hal yang luar biasa yang tidak terpikir oleh orang-orang zaman dahulu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan enterpreneur yang sukses seperti Founder Facebook, Mark Zuckerberg kini asetnya sudah triliunan dan masih sangat muda. Usaha-usaha seperti itu yang menjanjikan ke depan.
Jokowi memberi saran kepada para pemula yang mau masuk ke dalam dunia usaha agar jangan takut untuk mencoba. “Masuklah dulu. Kalo jatuh ya bangkit lagi. Jangan takut ke dunia usaha. Setelah masuk segera berhitung resiko-resiko yang akan dihadapi. Harus berani keluar dari zona nyaman,”katanya. Dia berharap pemuda-pemuda Indonesia bisa menyontohnya itu peluang yang sangat besar apalagi digital kreatif sekarang sedang berkembang.

Laporan Lutfi Yulisa