CharityLights API, Juara 1 Mandiri Young Technopreneur Kategori Digital

113
Mandiri Young Technopreneur 2014

Teknopreneur.com –  Setelah melalui berbagai tahap penyeleksian mulai dari tahap pendaftaran, screening inovasi teknologi, validasi, penjurian tahap satu dan penjurian final. Maka terpilihlah CharityLights API dan PhiRUNtrophy sebagai Juara Mandiri Young Technopreneur 2014 di kategori digital.

CharityLights API  merupakan sebuah web service yang memungkinkan para pengembang aplikasi dapat mengintegrasikan aplikasi atau web mereka dengan sistem donasi. Sehingga setiap aktivitas dalam suatu aplikasi dapat dikonversi ke dalam donasi dari donor CharityLights ke isu-isu sosial yang menjadi prioritas pengguna.

Saat ini aplikasi yang dibuat oleh Yayasan Pelita Cakrawala Inspirasi sudah memasuki tahap pengembangan beta dan dokumen teknis sudah dapat diakses oleh para pengembang aplikasi melalui http://dev.charitylights.org.

Adapun layanan yang bisa digunakan oleh para developer  adalah sebagai berikut:

1. Donation Processing Engine yang digunakan sebagai sistem konversi aktivitas user ke dalam jumlah donasi. Berisi pula data-data donor & yayasan/nonprofit yang sudah terdaftar di sistem CharityLights

2. Transparency yang digunakan untuk menjamin transparansi donasi yang telah

dilakukan.

3.  Activity Log untuk pencatatan aktivitas user dan usage rate.

4. Dokumentasi API. Guidelines untuk penggunaan API

 

Aplikasi pertama yang dibangun CharityLights API adalah Phiruntrophy. Aplikasi ini memungkinkan

pengguna untuk melakukan tracking kegiatan olahraga hariannya seperti berlari, berjalan dan bersepeda.

Layaknya aktivitas #BerlariUntukBerbagi, melalui aplikasi ini setiap user menempuh jarak 1 KM, capaian jarak yang ditempuh tersebut akan dikonversi ke sejumlah dana dari donor CharityLights yang dapat didistribusikan ke isu-isu sosial sesuai dengan pilihan pengguna.