Indigo Incubator 2015 Sudah Dimulai. Hei… Para Startup Sudah Siap Bergabung?

98
Telkom Indigo

Teknopreneur.com- Setuju jika industri kreatif digital merupakan tulang punggung pertumbuhan Indonesia di masa depan? Sayangnya masalah talent, founder maupun ekosistem digitalnya masih harus disempurnakan. Dan untuk membuatnya sempurna, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak yang dikenal sebagai kolaborasi quad-helix ABG-C (Academic, Business, Government, dan Community). Hal ini kemudian telah direalisasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia melalui program Indigo Incubator yang ditujukan untuk startup baru dan “Indigo Accelerator” bagi startup digital yang sudah siap untuk ekspansi pasar.

Sama seperti tahun sebelumnya, Telkom Group bekerjasama dengan Mayarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) kembali menyelenggarakan Indigo Incubator bagi para startup kreatif digital, melalui Kick Off Indigo Incubator 2015 (26/2). Indigo Incubator 2015 kali ini mengusung tema “Building Strong Indonesia’s Digitalpreneur with Silicon Valley Mindset.

Indra Utoyo, Director Innovation dan Strategic Portfolio Telkom mengatakan melalui Indigo Incubator 2015 kesempatan bagi para startup untuk tumbuh menjadi perusahaan global bersama Telkom Group sangat terbuka lebar karena berkesempatan langsung memiliki akses terhadap costumer base Telkom Group sebanyak 150 juta pelanggan lebih, baik pelanggan fixed line maupun mobile.

“Mereka juga dapat bekerjasama dengan seluruh perusahaan Telkom Group bahkan memasuki pasar global melalui respresentative Telkom Group International Office di 10 negara,” ujarnya.

Indra melanjutkan Telkom memberi kesempatan bagi para startup untuk merealisasikan karya kreatif mereka baik yang masih berbentuk ide, produk yang telah memiliki pengguna, maupun  bisnis yang sudah mendatangkan pendapatan.

Startup yang nantinya terpilih akan mendapatakan dukungan inkubasi selama 200 hari (7 bulan) dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti akases pasar melalui channel pemasaran Telkom, pendampingan bisnis dan teknis oleh para mentor, pendanaan sejumlah RP.250 juta per startup hingga kesempatan ,emdapatkan pendanaan lanjutan hingga RP.2 milyar di tahap akselerasi (Indigo Accelerator) bagi produk yang memilikiprospek bisnis yang sangat baik.

Tak hanya itu, para start up juga akan memperoleh fasilitas kerja yang nyaman dan dinamis yang telah disediakan di beberapa kota yaitu Bandung Digital Valley, Jogja Digital Valley, dan Jakarta Digital Valley yang telah dilengkapi dengan akses internet berkecepatan tinggi dan beragam device dan server yang dapat digunakan untuk mendukung proses pengembangan aplikasi, juga akses ke berbagai platform digital Telkom Group.

“Mereka bisa memanfaatkan payment gateway, cloud service, sistem machine to machine dan big data milik kita,” terang Achmad Sugiarto EGM Divisi Digital Business

Dan setelah kick off Indigo incubator ini, Telkom bersama Mikti akan melakukan roadshow sebagai kegiatan sosialisasi skaligus pra inkubasi di beberapa kota di Indonesia antara lain Bandung, Medan, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Malang, Makassar, dan Balikpapan mulai Februari hingga April 2015.

Jika kalian berasal dari luar kota tersebut. Tenang! Kalian dapat mengikuti program pra inkubasi melalui streaming online dan video conference. Hasil yang diperoleh peserta dalam program pra inkubasi akan menjadi faktor penilaian pada proses seleksi Indigo Incubator 2015.

Anda tertarik untuk bergabung? Silakan daftarkan diri melalui website www.indigoincubator.com sebelum tanggal 31 Maret 2015.