Teknopreneur.com – Sementara Startup muncul dengan inovasi baru untuk mengatur waktu yang tepat bagi orang-orang yang ingin mengadakan meeting, Facebook telah siap dengan sistem buatannya sendiri.

Dikutip dari Venturebeat (26/02) ditahun 2013 Facebook menyampaikan proposal kepada U.S. Patent and Trademark Office untuk paten yang disebut “System and methods for scheduling a meeting”. Dan hari ini paten ini sudah keluar.

Proposal paten tersebut terdapat konsep yang menarik dipanggil dengan “scoring to identify ideal meeting times and places”. Dimana ketika sebuah meeting organizer sudah menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk mengadakan meeting, sistem ini bisa mengirim keluar undangan kalendernya.

Teknologi ini bisa membantu karyawan Facebook merencanakan meeting mereka secara efisien, dan juga bisa berguna bagi ratusan juta pengguna Facebook di luar sana. Ini waktu yang tepat bagi Facebook, dimana beberapa bulan yang lalu Facebook membuktikan ketertarikannya kepada software bisnis, dengan diluncurkannya “the Facebook at work app for web and mobile device”, dan dikembangkannya sebuah tool yang bernama “an internal customer relationship management tool”.

Sistem ini bisa melihat status orang-orang, untuk melihat apakah meeting bisa berjalan dengan baik. Sistem ini dapat memeriksa untuk melihat apakah orang tersebut cukup bebas waktunya sebelum waktu meeting ditentukan. Sistem ini juga memikirkan apakah orang tersebut setelah meeting memiliki waktu luang. Jika meeting terjadi pada akhir pekan atau hari libur, atau sebelum atau melebiih waktu yang sudah ditentukan, sistem ini bisa merubahnya. Dan sistem ini juga mobile-friendly.

 

Penulis: Aswin Rahardianto