Teknopreneur.com – Para peneliti di University of Surrey 5G Innovation Centre (5GIC), telah berhasil memecahkan rekor, karena mampu melakukan transfer data sebesar 1 terabyte hanya dalam satu detik atau beribu kali lipat dari kecepatan 4G. Penemuan tersebut,  jauh melebihi dari apa yang sebelumnya dicapai oleh Samsung, karena cuma mampu mentransfer file sebesar 7,5 gigabyte per detik (Gbps) atau kurang 1% dari kecepatan tim Surrey.

Menurut sebuah situs, Direktur 5GIC, Prof. Rahim Tafazolli mengatakan, “Kami telah mengembangkan 10 terobosan di bidang teknologi, salah satunya yakni jaringan 5G yang mampu mentransfer data 1 terabyte dalam waktu satu detik (Tbps). Teknologinya pun menggunakan fiberoptics, tapi kami melakukannya secara wireless,”seperti yang dilansir dari laman BBC, Rabu (25/2).

Lebih lanjut, ia pun berharap untuk menunjukkan teknologinya itu kepada masyarakat pada tahun 2018 mendatang. Bayangkan saja, dengan kecepatan sebesar 1 Tbps, sangat mungkin untuk mengunduh ratusan film hanya dalam hitungan detik atau 65.000 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan download 4G.

Untuk saat ini, tim risetnya sedang membangun kit sendiri dan melakukan tes pada jarak yang melebihi 100m. “Kami ingin menjadi yang pertama di dunia, untuk menunjukkan kecepatan tertinggi saat ini,”katanya. Dirinya pun mengatakan, teknologi tersebut masih perlu dilakukan pengembangan, agar dapat diadopsi oleh seluruh negara.

Menanggapi hal itu, Badan pembuat regulasi komunikasi di Inggris, Ofcom mendukung upaya teknologi 5G tersebut untuk dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia. Ofcom pun menyatakan bahwa jaringan 5G tersebut, dapat berjalan dalam spektrum yang tinggi, yakni di atas 6 GHz dan diperkirakan mampu menghantarkan file dalam bentuk holografik.

Jika melihat kondisi Indonesia saat ini, rasanya masih amat jauh jaringan 5G tersebut bisa diadopsi, mengingat 4G baru saja digelar, itu pun baru bisa dinikmati masyarakat dengan sempurna pada pertengahan tahun ini. Namun, tak ada salahnya jika kita mulai bersiap-siap untuk menghadapi kemajuan teknologi nantinya, siapa tahu di masa depan ponsel Anda dapat menerima pesan holografik, layaknya film kartun Doraemon.