Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, perdagangan elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-commerce di Indonesia perlu didukung payment gateway, untuk membantu proses transaksi secara online. Terkait dengan pengadaan payment gateway tersebut, memang memerlukan keterlibatan Bank Indonesia sebagai penentapan kebijakan moneter dan mengatur kelancaran sistem pembayaran.

“Saat ini, masih dalam pembicaraan dengan Bank Indonesia guna mendukung perkembangan e-commerce,”seperti yang dilansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Selasa (24/2). Menurutnya, dengan adanya payment gateway transaksi secara online jauh lebih efisien dan mudah.

Lebih lanjut, ia pun menuturkan,“Tidak perlu lagi harus transfer via ATM kemudian diverifikasi terlebih dahulu.” Ia pun menyatakan, selain itu dalam mengembangkan e-commerce di Indonesia, terkait dengan masalah logistik atau pengiriman barang. “Di Tanah Air banyak penyedia jasa paket pengiriman barang sehingga harus ada jaminan soal itu, industri logistik akan sangat efisien dalam mendukung e-commerce ke depan,”katanya.

Kemudian ketika ditanya mengenai pelaku e-commerce apakah harus memiliki izin usaha? Dirinya pun menjawab akan dibicarakan dengan kementerian terkait. “Kita berharap persoalan izin jangan sampai menjadi biaya tinggi. Jika memang bisa dipermudah, kenapa dipersulit?,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, bagi para pelaku usaha kualitas produk yang ditawarkan seharusnya juga memiliki kualitas yang sesuai dengan apa yang ditayangkan via online. Artinya, selain infrastruktur dan industri logistik, pemerintah juga semestinya dapat memberikan perlindungan untuk para pelanggan guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kerugian yang dialami oleh para pelanggan.