Teknopreneur.com – Google dengan tegas memutuskan tidak akan ada lagi konten dewasa yang muncul pada platform blogger miliknya. Google sudah memberitahukan kepada setiap pemilik blog bahwa material sejenis itu harus dihapus sampai tanggal 23 Maret.

Sebelumnya Google masih membolehkan gambar dan video yang mengandung konten dewasa pada Blogger asalkan pemilik blog sudah menandai blognya mengandung konten dewasa.

Dikutip dari Fox News (24/02) Namun mulai dari 23 Maret nanti, perusahaan mengatakan user tidak akan lagi bisa memposting gambar atau video yang mengandung aktivitas seksual atau gambar tanpa busana pada Blogger.

Google menjelaskan apabila blog yang sudah ada terus menampilkan konten terlarang tersebut setelah tanggal yang sudah ditentukan, situs tersebut tidak akan dihapus tetapi dibuat private, yang berarti hanya pemiliknya dan orang yang berbagi blog tersebut yang bisa melihat isinya.

Perusahaan Mountain View juga menambahkan jika menemukan konten terlarang itu pada blog setelah Maret, situs tersebut akan dihapus atau dilakukan tindakan lain.

Namun pada beberapa situs dengan konten tersebut tidak terkena dampaknya seperti dalam konteks artistik, edukasi, dokumenter, atau ilmu pengetahuan. Tetapi kembali lagi kepada kebijakan perusahaan, karena bisa saja bagi pemilik blog sudah sesuai dengan konteks yang sudah ditentukan tetapi belum tentu bagi Google.

Masih belum jelas mengapa Google secara tiba-tiba membuat keputusan untuk melawan konten tersebut.

 

Penulis: Aswin Rahardianto