Teknopreneur.com – Apakah Anda penggemar Andoid? Mungkin menjadi kesal apabila smartphone android raib dari tangan Anda. Dan mungkin juga sudah banyak yang tahu, beberapa ponsel dapat dilacak keberadaanya ketika ponsel tersebut hilang dengan bantuan GPS.

Akan tetapi, tim penelitian dari Stanford University telah menemukan cara agar smartphone android yang hilang dapat dilacak tanpa bantuan dari GPS ataupun data wifi mereka. Lalu, bagaimana caranya agar ponsel tersebut bisa ditemukan?

Tim yang dimotori oleh tiga mahasiswa dari fakultas ilmu Komputer di Stanford University, yakni Yan Michalevsky, Dan Boneh, dan Aaron Schulman, merancang sebuah aplikasi untuk mengumpulkan data tentang konsumsi daya dari smartphone android. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman BBC, Senin (23/2).

Mereka pun menyatakan, sekilas memang seperti aplikasi mata-mata, meskipun aplikasi tersebut sebenarnya hanya membutuhkan izin akses konektivitas jaringan serta data konsumsi daya saja. “Ini adalah hak akses yang sangat umum untuk aplikasi dan bukanlah untuk memata-matai kegiatan si korban,”ujar mereka.

Menanggapi hal itu, seorang ahli keamanan cyber dari Surrey University, prof. Alan Woodward mengungkapkan, dengan perangkat mobile yang ada saat ini, kita melihat begitu banyak cara yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan smartphone android kita yang hilang. “Ini merupakan cara terbaru yang menunjukkan bahwa karakteristik dasar konsumsi daya dapat dilacak meski berpotensi untuk mengambil data privasi, tapi jika dikelola dengan benar itu bukanlah soal,”katanya.

Dirinya pun menambahkan, saat ini masih diteliti untuk mengetahui titik teraman pada ponsel Anda untuk mencari informasi dari konsumsi daya baterai. “Dikarenakan, tidak semua ponsel membiarkan Anda melakukan hal itu,”ungkapnya.