Teknopreneur.com – Youtube telah meluncurkan aplikasi mobile untuk memperlihatkan klip video yang cocok bagi anak-anak dimana dapat membantu orang tua mereka mengawasi apa yang ditonton oleh anak-anak mereka melalui internet.

Dengan fitur yang berfokus pada channel khusus anak-anak yang menyediakan hiburan juga edukasi. Konten yang dimiliki diperuntukan untuk anak berumur dua sampai delapan tahun. Dikutip dari Fox News (20/02) Shimrit Ben-Yair selaku product manager aplikasi ini mengatakan walaupun Youtube tidak lagi mengizinkan konten video pornografi dan kekerasan, namun masih ada bisikan dari orang tua meminta adanya Youtube yang “family-friendly”. Konsep dari aplikasi ini mirip dengan section anak-anak pada Netflix.

Selain tidak memasukan klip video yang tidak pantas untuk anak-anak, Youtube khusus anak-anak ini juga akan menolak memberikan hasil pencarian seperti kata “sex” yang dianggap tidak pantas dilihat oleh penonton dibawah umur. Aplikasi ini juga menyediakan kontrol yang memungkinkan orang tua untuk menentukan berapa lama waktu anak-anak mereka menonton video dalam satu sesi.

Youtube saat ini hanya menyediakan aplikasi ini untuk pengguna smartphone dan tablet berbasis Android di US. Aplikasi ini disokong oleh  Common Sense Media, sebuah grup dari San Francisco yang mendedikasikan dirinya untuk membentengi anak-anak dari konten dewasa.

 

Penulis: Aswin Rahardianto