Teknopreneur.com – Google terus membuka platform Android miliknya untuk developer mobile di China setelah Google mengumumkan saluran Youtube versi lokal untuk negara tersebut.

Perusahaan ini mengambil langkah besar pada November lalu saat mulai membolehkan pengembang di China untuk menghasilkan uang melalui aplikasi Android.

Meskipun hanya dari pengguna yang berasal dari luar China, saluran baru ini akan membantu meningkatkan akses ke informasi dan sumbernya. Saluran ini akan terganggu dengan peraturan sistem sensor di China, kecuali pengguna menggunakan VPN yang stabil.

Google Play sendiri sudah lama diblock dan tidak bisa diakses di China, namun para pengembang disana bisa menggunakannya untuk mendistribusikan dan menjual aplikasi kepada ratusan juta pengguna Android di seluruh dunia.

Google telah kehilangan banyak pendapatan dengan tidak memiliki app store di China. Dilansir dari Techcrunch (17/02) eksekutif dari Google sedang berdiskusi dengan partner potensial dan juga pemerintah disana untuk meluncurkan layanan Google Play di China. Namun tidak ada pengumuman resmi dari Google atau update atas hal ini.

 

Penulis: Aswin Rahardianto