Teknopreneur.com – AT&T berencana menciptakan layanan broadband baru yang lebih cepat di beberapa wilayah kota Kansas yang akan bersaing dengan Google Fiber.

AT&T mengumumkan pada hari Minggu kemarin sebuah paket fiber optic yang diberi nama GigaPower. Akan tersedia pada daerah yang permintaannya sangat kuat seperti di pusat kota Kansas dan pinggiran kota Kansas seperti Leawood, Lenexa, Olathe, dan Overland Park. Perusahaan berencana untuk memperluas wilayahnya nanti.

Dikutip dari Fox News (16/02) perusahaan mengatakan layanan baru ini memiliki kecepatan sampai 1 giga per detik, hampir seratus kali lebih cepat dibandingkan yang tersedia hampir di Amerika.

AT&T mengatakan pelanggan yang berada di wilayah dimana permintaan sangat tinggi bisa mulai mendaftar secara langsung. Namun dibutuhkan waktu seminggu atau sebulan sebelum layanan bisa digunakan.

Mike Scott selaku AT&T president mengatakan AT&T akan menghitung dimana permintaan yang paling kuat, dan investasi atas pemasangan kabel baru akan disediakan pengembalian yang layak sebelum menentukan dimana layanan tersebut akan ditawarkan.

Google telah melakukan pendekatan yang sama, dimana menawarkan layanannya hanya untuk perumahan yang berpotensial menjadi pelanggan layanan mereka.

AT&T telah menjual produk GigaPower miliknya di Austin, Texas, dimana Google juga membangun layanannya disana.

 

Penulis: Aswin Rahardianto