Teknopreneur.com – Pada awalnya, mungkin Apple tampak mengada-ada untuk memasuki pasar teknologi otomotif, karena pemilik brand iPhone ini sudah sangat melekat dengan image smartphone-nya. Tapi tunggu dulu, menurut sebuah laporan terbaru dari Financial Times menunjukkan bahwa Apple sangat serius untuk menggabungkan unsur teknologi ke dalam sebuah mobil.

Kemudian Anda juga perlu tahu, bahwa sebenarnya Apple telah memasuki pasar otomasi rumah atau yang dikenal smarthome dengan menyediakan platform perusahaan Thermostat, Nest setelah diakuisisi oleh Google. Ternyata, Apple pun mencoba keluar dari lingkarannya dengan kembali menciptakan Software Dashboard sebagai bagian dari desain otomotif yang diberi nama CarPlay.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman TechCrunch, Jumat (13/02). Itu bukan berarti, Apple akan memproduksi mobil, tetapi dalam waktu dekat kemungkinan besar perusahaan akan memberikan sebuah pengalaman yang baru bagi para pengguna iOS. Apple merasa dirinya harus melakukan penyegaran, agar para pecintanya tidak jenuh dengan produknya yang sudah ada saat ini, baik itu PC desktop ataupun perangkat mobile.

Self-driving Google seakan telah menginpirasi Apple untuk ikut bermain di bidang teknologi otomotif tersebut. Dan saat, mobil yang melaju tanpa pengemudi tersebut telah siap Apple pun berharap dirinya bakal bisa menempati kursi bagi penyedia platform mobil pintar tersebut.

Menurut sebuah laporan dari Minority Report, Apple terlihat mengantisipasi pasar di masa mendatang, mengingat potensi pasar yang terbuka bagi proyek mobile Google self-driving. Bukan hanya Google saja yang menjadi incaran untuk inang-nya kelak, melainkan juga Tesla yang tengah mengerjakan proyek mobil pintar bagi produsen besar seakan menjadi mangsa yang empuk baginya.

Bahkan jika itu hanya spekulasi, dedikasi Apple terhadap penelitian dan pengembangan rekayasa iPhone bisa saja menjadi pertanda sangat baik untuk kemajuan CarPlay nantinya. Apple pun kian giat mempersiapkan masa depan untuk menyediakan perangkat sebagai terminal dari pusat platform, yang mungkin saja Apple bakal membuat iCar mereka sendiri nantinya.