Teknopreneur.com- Belum lama ini, perusahaan riset Brand & Marketing Institute (BMI) Research melakukan sebuah riset tentang pertumbuhan industri belanja online di Indonesia. Menurut riset yang dilakukan di 10 kota dengan 1.213 responden berusia 18 hingga 45 tahun tersebut, industri belanja online di Indonesia akan mengalami pertumbuhan yang semakin kuat di masa depan.

BMI Research mencatat bahwa rata-rata pengeluaran belanja online orang Indonesia dalam setahun mencapai Rp825.000 per orang. Tahun lalu saja, nilai transaksi belanja online orang Indonesia mencapai Rp21 triliun. Angka ini diproyeksi akan meningkat signifikan di tahun 2015, yakni hingga mencapai Rp50 triliun atau meningkat lebih dari dua kali lipat.

Selain riset dari BMI ini, Daniel Tumiwa, Ketua Indonesian e-Commerce Association (idEA) mengungkapkan bahwa orang Indonesia ternyata bukan hanya hobi berbelanja, namun juga travelling. Wajar saja jika 80% e-Commerce kita ternyata diduduki oleh travel.

Ia juga menerangkan hasil riset IdEA yang menyebutkan bahwa penjualan tiket online merajai transaksi e-Commerce Indonesia. Data tersebut nyatanya sesuai dengan riset AC Nielsen yang menyebutkan bahwa 55% pelanggan e-Commerce Indonesia membeli tiket pesawat secara online. Wah industri travel online sepertinya akan jadi bisnis yang makin menggiurkan di Indonesia ya?