Teknopreneur.com – Layanan televisi berbayar atau pay tv, seperti tv kable dan tv satelit memang telah cukup menarik perhatian masyarakat, sayangnya layanan tersebut dinilai kurang efisien karena harus menggunakan infrastruktur yang baru. Untuk itu, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menghadirkan layanan triple play di seluruh Indonesia melalui layanan IndiHome, yang sekaligus menjadi wujud keseriusan Telkom menjalankan bisnis IPTV.

Menanggapi hal itu, Direktur Consumer Service Telkom, Dian Rachmawan menyatakan,“Demi memberikan pelayanan yang berkualitas dan kenyamanan bagi pelanggan, kini Telkom hadirkan IndiHome. Layanan triple play ini meliputi telepon rumah, Internet on Fiber atau High Speed Internet dan UseeTV Cable (IPTV).”

Lebih lanjut, ia pun menuturkan Pulau Batam termasuk wilayah yang mendapat prioritas penggelaran layanan Fiber To The Home (FTTH) mengingat lokasinya yang sangat strategis dan telah dikenal sebagai kawasan bisnis yang berhadapan dengan Singapura.

“Hingga saat ini, 30% kawasan Batam sudah ter-cover jaringan dan layanan Indihome. Sampai tahun 2014, tidak kurang dari 70 kawasan perumahan telah ter-cover layanan IndiHome,”ujarnya yang dikutip dari web Telkom, Senin (9/2).

Dirinya pun mengatakan, Pada tahun 2015 ini kami akan memperluas coverage layanan IndiHome, sehingga 42 kawasan perumahan lagi dapat terlayani. Kemudian, ia pun menambahkan layanan yang bernama Usee TV Cable (IPTV) ini merupakan layanan televisi interaktif yang menggunakan internet protocol (IP), sehingga bisa melakukan banyak hal mulai dari TV on Demand (TVoD), Video on Demand (VoD), pause and rewind, sampai Video Recorder.

“Secara bisnis, peluang pertumbuhan fixed broadband di Indonesia masih besar, mengingat ada 60 juta rumah tangga di Indonesia, tingkat penetrasi layanan ini baru mencapai 5% atau tingkat penetrasi sebesar 13% dari jumlah rumah tangga yang di dalamnya terdapat pengguna internet. Untuk itu, teknologi FTTH akan menjadi kunci sukses dalam bisnis fixed broadband untuk lima hingga sepuluh tahun yang akan datang,”ungkapnya.