Banggalah dengan Potensi Inovasi Dalam Negeri

289

Teknopreneur.com – Belakangan, sudah banyak sekali inovasi yang dikembangkan oleh para anak muda Tanah Air dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, pertanian, teknologi, dan lainnya. Untuk itu, wajib bagi kita mengapresiasi hasil karya anak bangsa atas inovasinya tersebut.

Bukan hanya sekali, tapi sudah menjadi yang keempat kalinya Teknopreneur bekerjasama dengan Bank Mandiri mencari bibit muda yang berinovasi, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan industri dalam negeri. Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) Ir Bambang Heru Tjahjono M.Sc menyatakan,“Ada beberapa yang potensial, ya itu kan bagaimana kita memberikan kesempatan kepada para anak muda untuk terus mengembangkan inovasinya.”

Lebih lanjut, ia pun mengungkapkan ini sekaligus menjadi gambaran bahwa kita pun juga punya kemampuan untuk anak muda. “Banyak sekali sekarang inovasi yang bisa dimanfaatkan nantinya, cuma nanti bagaimana tidak hanya disini saja, tetapi bagaimana Mandiri memfasilitasi bagi kontinuitas dari inovasi tersebut,”ujarnya usai melakukan penjurian untuk Mandiri Young Technopreneur, Rabu (4/2).

Menurutnya, beberapa inovasi tersebut kedepannya bisa dikomersilkan, juga menyangkut masalah kegunaan, misalnya menolong anak yang autis. “Meskipun teknologi tersebut sudah ada, tapi kan bagaimana mereka meng-improve teknologi tersebut menjadi terutilisasi. Tidak bisa hanya aspek teknologi saja, yang penting itu aspek sosialnya juga”katanya.

Sementara itu, menurut Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D mengatakan, ini merupakan kesempatan kita untuk mendorong anak muda untuk berwirausaha dengan memanfaatkan ICT. “Ini lebih mendorong para anak muda untuk berinovasi dengan memberikan dampak yang baik ke masyarakat luas,”ungkapnya.