Teknopreneur.com – Beberapa tahun yang lalu, Google berinvestasi secara besar-besaran pada Google+ dengan maksud untuk mengalahkan Facebook. Tapi pada akhirnya jejaring sosial milik Google kalah bertarung dengan Facebook.

Dan sekarang Facebook kembali mengajak bertarung Google soal video, dimana Youtube sudah mendominasi selama bertahun-tahun. Dilansir dari Venturebeat (03/02) fitur autoplay pada video Facebook sangatlah menarik. Dengan otomatis bisa menonton video dengan durasi yang kecil merupakan ajakan yang besar dibandingkan hanya gambar thumbnail seperti yang ada pada Youtube. Kunci dari fitur ini tidak hanya mendorong Youtube keluar dari Facebook, tapi juga berkontribusi meningkatkan rating dan pemasukan iklan dari menonton video.

Facebook mengajak usernya  untuk mengupload video mereka pada Facebook, tidak hanya dengan fitur autoplay saja tapi user juga dapat melihat lebih banyak video dibandingkan konten lain pada newsfeed mereka.

Ditambah lagi adanya tombol like dan share dapat membuat distribusi video Facebook semakin kuat dan semakin cepat dibandingkan Youtube. Facebook  secara terbuka sudah mengajak perang dengan Youtube sejak kuartal keempat beberapa hari yang lalu.

Namun Youtube masih menawarkan infrastruktur yang kuat, fitur yang lebih luas, opsi pilihan untuk mengatur resolusi video, menarik bagi developer, dan yang paling penting menarik bagi para kreator. Disamping itu bila melihat semua kapabilitas streaming milik Google termasuk diantaranya Youtube Live Events, Hangouts on Air, atau Business Hangouts, soal keseriusan teknologi Facebook masih kalah jauh untuk bersaing dengan Youtube.

 

Penulis: Aswin