Teknopreneur.com – Belakangan sering terjadi peristiwa penerbangan, mulai dari kecelakaan, penembakan, hingga hilangnya pesawat. Namun kali ini, yang menjadi korban bukanlah pesawatnya melainkan situs dari maskapai penerbangan nasional Malaysia Airlines (MAS), karena telah terkena serangan hacker.

Sebuah kelompok yang menamakan dirinya Lizard Squad, Official Cyber Khilafah adalah dalang dibalik peristiwa pembajakan situs maskapai tersebut. Hal itu, seperti yang dikutip dari laman Reuters, Senin (26/1).

Kelompok peretas itu, sebelumnya dikabarkan juga telah mengakibatkan sistem komputer  Xbox Live dan Sony Playstation down. Namun menurut keterangan yang diberikan dari pihak MAS data yang berada dalam server tetap utuh serta pemesanan kursi penumpang pun tidak terlalau berpengaruh.

Situs yang diretas tersebut menunjukkan sebuah foto kadal yang mengenakan tuxedo lengkap dengan topi dan pipa cerutu, disertai dengan sebuah pesang singkat  mengenai identitas si kelompok pembajak, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

MAS menyatakan situs itu sebenarnya tidak di hack, tetapi pengguna hanya diarahkan ke situs hacker tersebut. Maskapai yang bermarkas di Negeri Jiran tersebut mengatakan,“Malaysia Airlines menjamin pelanggan dan klien situsnya tidaklah di-hack dan kejadian ini tidak mempengaruhi pemesanan serta data pengguna tetap aman.”