Teknopreneur.com – iBrailler Notes, yang merupakan projek aplikasi musim panas milik Universitas Stanford di tahun 2011 kini sudah tersedia di IOS, diperuntukan bagi pengguna Ipad yang memiliki kekurangan pada penglihatannya untuk mengetik pada braille note atau membuat tulisan dasar dengan menggunakan touchscreen.

Dilansir dari Wired (23/01) iBrailler berbeda dengan keyboard biasa, fitur posisi keyboard bisa disentuh dibawah ujung jari user. Dimanapun mereka meletakan tangannya pada layar Ipad, setiap kali Anda menyesuaikan tangan Anda pada layar, keyboard akan mengikuti. Keyboard ini menggunakan inggris braille kelas 1, kelas 2, dan six-dot komputer braille, dan fitur ini bisa melakukan tugas seperti cutting, copying, dan pasting suatu teks.

Sohan Dharmarajah, salah satu kreator iBrailler Notes, ingin menawarkan keuntungan sehingga keyboard bisa didapatkan dengan harga yang murah. Aplikasi IOS ini gratis diunduh dari App Store, dan user dapat berlangganan dengan biaya perbulan yang murah untuk mencoba fitur tambahan.

Dharmarajah mengatakan feedback untuk iBrailler Notes sejauh ini sangat positif, aplikasi ini telah digunakan pada beberapa sekolah tuna netra dan institusi di Amerika dan Sri Lanka. Untuk versi Android masih dalam proses pengerjaan dan akan tersedia nanti.

 

Penulis: Aswin