Teknopreneur.com – Bayangkan suatu hari nanti membeli smartphone Android tanpa melalui Verizon, AT&T, Sprint atau T-Mobile, tetapi dengan Google Wireless.

Dilansir dari Fox News (21/01) Google berencana menjual telepon nirkabel (wireless phone) langsung kepada konsumen. Jika semua berjalan dengan baik, Google Inc. Menawarkan wireless data plan yang akan memberi tekanan kepada perusahaan besar untuk menawarkan penawaran dan layanan yang lebih baik atau kehilangan konsumen yang berpindah ke rival mereka.

Rencana lainnya, Google sedang mencoba untuk bisa membawa lebih banyak orang untuk online, selain mereka menjalankan alat pencari yang mendominasi, mereka juga memiliki jaringan advertising terbesar. Perusahaan akan mendapat keuntungan besar dari peserta yang lebih banyak karena  layanan mereka.

Google juga telah menanam layanannya ini pada operating system Android yang sudah dipakai secara luas pada smartphone. Menurut Wall Street Journal Google memang sudah berencana untuk menjadi provider layanan nirkabel.

Namun masih belum jelas bagaimana rencana Google untuk menjual wireless plan ini kepada pemilik smartphone atau saat layanan tersebut akan diluncurkan. Google berencana untuk masuk ke pasar internet nirkabel dengan membeli akses jaringan Sprint dan T-Mobile yang dikenal sebagai operator mobile virtual network. Bila setuju, Google masih harus menyiapkan operasinya sendiri untuk mengawasi layanan konsumen dan pembayarannya, dimana perusahaan Google sendiri tidak memiliki banyak keahlian di area tersebut.

 

Penulis: Aswin