Teknopreneur.com – Jika Anda seorang pemimpin di sebuah perusahaan, bagaimana Anda mengatasi masalah dengan hadirnya sosial media, seperti Facebook? Apakah akan melarang karyawan Anda untuk menggunakan Facebook saat bekerja atau justru malah memanfaatkan sosial media tersebut untuk mempermudah komunikasi dalam bekerja?

Seorang Manajer produk sosial Google, Gaurav Jain menyatakan sekitar 61% dari pekerja kantor menggunakan jejaring sosial di siang hari, dimana setengahnya berselancar menggunakan Facebook. Lebih lanjut, ia mengungkapkan lalu lintas tertinggi benar-benar terjadi pada pertengahan minggu antara pukul 1 siang hingga 3 sore.

Hal itu, mengakibatkan terjadinya penurunan produktivitas sekitar 1,5%, dengan menghabiskan  waktu hingga 12 miliar jam terbuang per tahun serta  memakan biaya hingga US$650 miliar. hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman TechCrunch, Jumat (23/1).

Selain Microsoft Office, Facebook bisa dibilang sebagai software yang paling banyak digunakan oleh karyawan perkantoran, sehingga tak heran jika sosial media tersebut baru-baru ini meluncurkan FB @ Work. Namun, pertanyaan besar justru muncul, apakah itu nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk bekerja?

Kemudian ia pun berpendapat bahwa pemanfaatan sosial media untuk bekerja merupakan sebuah konteks yang masih sulit untuk disatukan. Dirinya pun memberikan tanggapan skeptis bahwa Facebook akan membantu pekerjaan menjadi lebih baik, mengingat dominasi mereka sebagai jejaring sosial.

Namun, bukan tidak mungkin suatu saat Facebook bakal benar-benar menjadi sebuah media komunikasi dan alat manajemen yang baik bagi pekerjaan kantor. Memang sulit untuk membayangkan jika sosial media yang telah menghubungkan hingga miliaran orang diseluruh dunia itu bakal diubah fungsinya, artinya akan ada fitur yang dirombak atau malah bisa jadi dihilangkan.