Teknopreneur.com – Inovasi memang selalu menjadi perhatian di negeri ini, namun menciptakan inovasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Selain butuh dana yang besar, juga harus melibatkan kalangan industri. Hal itu seperti yang dilakukan oleh BPPT. Menurut Kepala BPPT, Unggul Priyanto, di dalam instansi yang digawanginya itu riset yang dilakukan oleh para peneliti diharuskan bekerjasama dengan industri.

“Di BPPT, untuk mengajukan dana penelitian, diharuskan bekerjasama dengan industri. Dari sini nanti, kita harapkan inovasi yang tercipta bisa dikomersialisasikan,” ungkapnya saat di temui teknopreneur.

Dari kebijakan tersebut, dirinya mengakui sudah ada beberapa inovasi yang akan dikomersilkan. “Sudah ada beberapa yang akan dikomersilkan,” tuturnya. Di sisi lain, dari beberapa inovasi yang diciptakan oleh para peneliti BPPT, kebanyakan adalah inovasi yang berbasis IT.

“Di zaman sekarang, IT menjadi inovasi yang lebih cepat ketimbang teknologi yang lain. Misalnya saja alat untuk mendeteksi e-KTP, set box untuk TV Digital. Sementara, inovasi di luar IT yang kurang berkembang adalah di bidang energi. Untuk energi, saya akui jalan ditempat dan susah,” katanya.

Foto: RRI