Teknopreneur.com – Dengan dua perangkat baru yang sesuai didalam sol sepatu, bisa menghasilkan energi dari Anda berjalan atau berlari, yang kemudian energi tersebut bisa digunakan sebagai tenaga listrik.

Dilansir dari Fox News (19/01) alat pertama yang diberi nama “shock harvester” menghasilkan tenaga ketika tumit sepatu Anda menyentuh tanah. Alat kedua dijuluki “swing harvester”, menghasilkan daya tenaga ketika Anda mengayunkan kaki kedepan seperti berjalan atau berlari. Alat pemanen ini bisa dihubungkan kedalam elektronik sepatu Anda yang melacak hal-hal seperti kecepatan, pergerakan, dan suhu.

Setiap perangkat mengandung gulungan kawat dan tumpukan magnet. Orang yang memakai perangkat ini berjalan atau lari, magnet bergerak melewati kumparan, menyebabkan medan magnet ini menciptakan tegangan, dalam kawat yang kemudian dapat digunakan untuk mengisi alat elektronik apapun.

Kedepannya, susunan yang sama dapat digunakan untuk mengirimkan data dari accelerometer yang tertanam dalam sepatu untuk mengisi smartphone atau tablet.

 

Penulis: Aswin