Optimalisasi 4G LTE Bakal Dilaksanakan Pada Pertengahan Tahun Ini

43

Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan,“2,1 GHz akan kita umumkan kebijakannya pada pertengahan tahun ini, setelah 1.800 MHz kita komersialisasikan.” Lebih lanjut ia pun mengatakan, tak akan berlama-lama menahan spektrum frekuensi yang bisa dioptimalkan untuk menggeber layanan 4G LTE, dimana spektrum 2,1 GHz saat ini masih jadi rumah bagi 3G.

Menurutnya, sebelum membuka izin 2,1 GHz untuk 4G LTE terlebih dahulu akan memberikan peluang pada keempat operator yang ada di spektrum itu untuk memperebutkan dua kanal yang tersisa di blok 11-12. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Selasa (20/1).

Dirinya pun menyatakan kedua blok kanal tersebut merupakan peninggalan Axis Telekomunikasi Indonesia yang telah dikembalikan oleh XL Axiata sebagai syarat untuk memuluskan aksi merger akuisisi tahun lalu.

“Di 2,1 GHz ini mekanismenya tergantung. Kita lihat dulu, kalau demand lebih tinggi dari pada supply, ya seleksi lah. Bisa beauty contest, bisa tender, bisa apapun,”katanya. Posisi dua kanal yang tersisa tersebut, tidak hanya XL saja peminatnya, tetapi juga Telkomsel.

Kebijakan 2,1 GHz ini rencananya akan diumumkan Kominfo sekitar Juni 2015 ini setelah proses realokasi frekuensi di 1.800 MHz selesai. Ia pun mengungkapkan akan membicarakan terlebih dahulu dengan operator sebelum mengumumkan kebijakannya.

Kemudian ia pun menambahkan,“Pada sore ini, akan dilakasanakan refarming 1.800 MHz untuk 4G LTE bersama dengan teman-teman operator.”