Teknopreneur.com-First Solar telah membuka sebuah fasilitas di Malaysia untuk menghasilkan panel surya berefisiensi tinggi, diperkirakan dalam 18 bulan mendatang kita akan melihat pada bagaimana efisiensi itu terjadi.

Efisiensi konversi ini dinilai pada tingkat sel melebihi 21%. Sel-sel akan dilakukan pada wafer dengan diameter 156 mm, meningkatkan output keseluruhan lebih dari 125 mm wafer. Desain sel juga bergantung pada kabel tembaga yang benar-benar tipis untuk peningkatan konduktivitas dan mengurangi kerugian.

Setidaknya ada dua alasan mengapa pengumuman ini penting. Pertama, First Solar memproduksi standar telluride kadmium, yang merupakan satu-satunya teknologi film tipis berbiaya rendah dari sel surya konvensional yang terbuat dari silikon kristal.

Yang kedua, selama beberapa tahun terakhir telah terdengar dari banyak analis dan eksekutif mengaggap kurang pentingnya efisiensi. Mereka mengklaim, metrik adalah yang paling penting dalam solar dan efisiensi hanya salah satu dari banyak hal dalam menurunkan biaya.

First Solar sepertinya berpikiran lain, dengan menghasilkan kadmium telluride laboratorium sel surya itu mengasilkan efisiensi hingga 20,4%. Untuk membuat panel dengan efisiensi tinggi memang jauh lebih mahal. Tetapi juga akan menghasilkan listrik lebih banyak pula. Sejauh ini, meningkatkan efisiensi dikatakan sebagai tantangan ilmiah yang menakutkan, tetapi juga menjadi salah satu yang mudah dikelola dan dibandingkan dengan mengotomatisasi instalasi untuk mengurangi tenaga kerja.

Membawa panel jenis baru yang efisien ke pasar memang akan membutuhkan strategi modal yang efisien. Akan ada banyak tantangan di sana. Selain First Solar, siapa lagi yang berani?