Teknopreneur.com- Huawei mengumumkan keberhasilannya dalam mempertahankan pertumbuhan efektif di tahun 2014 (21/1). Huawei mengatakan kebaerhasilannya ini tak lain berkat komitmennya dalam menciptakan nilai tambah untuk konsumen. Pendapatan penjualan global di tahun 2014 diprediksi akan mencapai 287-289 miliar Yuan, peningkatan ini akan mencapai pertumbuhan hampir 20% dari tahun ke tahun.  

Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou mengumumkan bahwa keuntungan dari bisnis utama Huawei pada tahun 2014 diprediksi mencapai 33,9 – 34,3 miliar Yuan, dengan margin sebesar 12% yang secara proporsional sejalan dengan tahun 2013.

Semua business group Huawei, yaitu Carrier, Enterprise, and Consumer Business Groups, juga mencatat kinerja yang kuat pada tahun 2014.  Pendapatan dalam bisnis Carrier Network meningkat sekitar 15% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka pertumbuhan ini terutama didorong oleh peningkatan investasi 3G yang stabil dan juga peralihan menuju investasi 4G di seluruh dunia. 

Untuk bisnis Enterprise tumbuh sekitar 27% dimana bisnis ini sekarang melayani lebih dari 100 perusahaan yang termasuk dalam 500 perusahaan terbaik di dunia. Huawei juga membangun kemitraan strategis dengan perusahaan-perusahaan terdepan, termasuk SAP dan Accenture, untuk melakukan inovasi bersama di beberapa bidang termasuk cloud computing dan big data.

Sementara Consumer Business Group mencatat kenaikan pendapatan sekitar 32% dari tahun ke tahun berkat peningkatan penjualan handset kelas menengah dan kelas atas dalam pasar smartphone yang berkembang pesat di seluruh dunia, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan Huawei di pasar negara berkembang.  

Menurut Meng, ada dua hal utama yang mendasari stabilitas pertumbuhan bisnis global Huawei di tahun 2014. Pertama, penguatan core values perusahaan yang lebih berorientasi kepada konsumen, membina para karyawan yang berdedikasi sebagai landasan utama, dan komitmen terhadap dedikasi.

Kedua adalah implementasi transformasi manajemen dan organisasi yang terus-menerus dan dirancang untuk meningkatkan efisiensi serta meningkatkan semangat dan inspirasi di seluruh organisasi.  

Prediksi Huawei

“Pada tahun 2025, jumlah jaringan di seluruh dunia diprediksi akan mencapai lebih dari 100 miliar jaringan dengan cakupan koneksi yang jauh lebih luas, seperti air dan udara,” ungkap Meng.

Konektivitas yang luas dan big data akan mendorong revolusi industri baru dalam teknologi cerdas, mendorong modernisasi industri tradisional dan membentuk ulang lanskap bisnis dan industri saat ini.” 

“Fokus dari inovasi industri akan berpindah dari internet konsumen menuju ke internet industri. Dunia yang lebih terhubung tengah menunggu kita. Kapan saja dan di mana saja, konektivitas akan menjadi norma baru.”  

Huawei berkomitmen untuk menghubungkan berbagai sistem, bisnis, kota dan manusia di seluruh dunia. Hal ini akan meningkatkan efisiensi kerja, membantu perubahan industri, menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk setiap pengguna, dan memungkinkan pertukaran ide serta gagasan secara bebas. Huawei ingin menjadi pemimpin dalam masyarakat informasi.  

Untuk mendukung hal itu, Huawei berinvestasi dengan terus-menerus membangun keunggulan teknologi yang sesuai dengan tuntutan masa depan. Pada tahun 2014 Huawei menginvestasikan antara 39,5-40,5 miliar Yuan untuk R&D, peningkatan sebesar 28% dari tahun 2013. Secara kumulatif, Huawei melaporkan telah menginvestasikan 188 miliar Yuan untuk R&D selama sepuluh tahun terakhir. Selain itu, Huawei telah mengajukan 546 proposal untuk standar inti LTE ke 3GPP, sekitar 25% dari keseluruhan pengajuan proposal sejenis di seluruh dunia.  

Beberapa pencapaian yang telah diraih di tahun 2014 lalu yaitu Huawei untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar Thompson Reuters untuk Top 100 Global Innovators. Huawei juga masuk ke peringkat ke-94 dalam Interbrand’s Top 100 Best Global Brands , dan menjadikan Huawei sebagai perusahaan pertama yang berpusat di dataran Tiongkok yang masuk ke dalam daftar global tahunan Interbrand.