Teknopreneur.com – Facebook menginginkan dunia melihat lebih banyak lagi pola dan prediksi.

Facebook mengatakan bahwa mendonasikan untuk kepentingan umum beberapa alat sangat canggih untuk komputer, termasuk sarana yang dapat melalui sejumlah data besar, mencari informasi unsur-unsur umum. Produk tersebut dipanggil dengan nama neural network dimana dapat mempercepat pola pengenalan sampai 23.5 kali.

Alat tersebut akan didonasikan kepada Torch, sebuah project software open source yang berfokus kepada sejenis data analisis yang dikenal sebagai deep learning. Deep learning merupakan sejenis mesin belajar yang dapat meniru cara kerja otak peneliti, dari waktu ke waktu membuat asosiasi yang memisahkan informasi tidak berarti dari sinyal yang berarti.

Dilansir dari New York Times (16/01) perusahaan seperti Facebook, Google, Microsoft, dan Twitter sudah menggunakan Torch untuk mencari jawaban beberapa hal seperti kemungkinan isi konten gambar atau iklan apa untuk ditempatkan di depan Anda selanjutnya.

Torch juga sangat berguna pada penglihatan komputer atau pengenalan suatu objek di dunia nyata. Alat ini juga sudah dapat melihat suatu kalimat dan menebak agar bisa lebih memahami maksud orang-orang seperti menentukan niat di balik Internet Search, sesuatu dimana Google tidak melakukannya pada pencarian normal.

Selain alat ini untuk melatih net neural agar lebih cepat, donasi Facebook termasuk sarana baru pelatihan beberapa processor komputer pada saat yang bersamaan, sarana mengkatalog kata saat menganalisis bahasa dan alat agar software pengenalan suara berjalan menjadi lebih baik.

 

Penulis: Aswin