Teknopreneur.com- Xiaomi, pembuat smartphone peringkat 3 dunia pada kuartal ketiga 2014, telah setuju  membeli saham 2,98% dari perusahaan software Kingsoft dari raksasa Internet Cina Tencent Holdings dengan nilai sebesar HK$ 527 juta atau US$68 juta.

Kingsoft, hampir 15% dimiliki oleh miliarder Cina Lei Jun, pendiri utama dan CEO Xiaomi. Sementara 12,6% saham Tencent dimiliki oleh Kingsoft, sebelum kesepakatan untuk menjual sebagian dari kepemilikannya menjadi Xiaomi. Kesepakatan dengan Xiaomi ini diharapkan akan ditutup pada 30 Januari mendatang. untuk menutup pada 30 Januari, seperti yang diungkapkan Kingsoft dalam sebuah pernyataan di Bursa Efek Hong Kong (18/1) di kutip dari Forbes.

Lei (45) telah menyebabkan transformasi besar-besaran dalam Xiaomi, hingga membentuk salah satu bisnis yang paling eksplosif dalam industri smartphone global sejak perusahaan ini didirikan lebih dari empat tahun yang lalu. Xiaomi kini berkembang menjadi peralatan rumah tangga dan televisi. Perusahaan yang berbasis di Beijing telah disediakan $ 1 miliar untuk konten Internet TV.

Pada peluncuran produk yang dihadiri 2.000 di Beijing Kamis lalu, Lei meluncurkan model-model baru yang ia bandingkan head-to-head dengan rival Apple. Xiaomi baru-baru ini mengumpulkan US$ 1,1 miliar penjualan saham, sehingga mengumpulkan nilai sebagai salah satu yang terbesar di antara bisnis yang tidak terdaftar di dunia.

Kingsoft bisa disebut sebagai bagian dari “ekosistem” bisnis Xiaomi. Bulan lalu, Kingsoft mengatakan akan membeli saham 12,7% di AS, yaitu sebuah perusahaan penyimpanan data 21Vianet untuk senilai US$172 juta. Selain itu Lei juga memiliki saham di AS yang terdaftar sebagai situs sosial dan Xunlei, sebuah perusahaan perangkat lunak.

 

Foto: reuters.com