Teknopreneur.com – Seringkali para pengguna seluler Indonesia menerima SMS yang berbau penipuan, bahkan dengan modus yang bermacam cara. Pasti Anda pernah mendapatkan pesan singkat yang mencoba menawarkan program Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang mengatasnamakan salah satu bank ternama di Indonesia.

Dan yang lebih parahnya lagi, pengirim pesan SMS bahkan sampai menghubungi lewat telepon itu kini mengetahui database rahasia para pelanggan seluler. Mulai dari nama lengkap, kartu kredit yang dimiliki, hingga data-data pribadi lainnya yang harusnya confidential. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Juma’at (16/1).

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyatakan,“Saya telah beberapa kali menerima keluhan semacam ini.” Dirinya pun tak menampik, jika bocornya data rahasia pengguna seluler itu salah satunya berasal dari kalangan internal operator.

Menurutnya, karena sudah mulai pakai nama, jadi tidak mungkin itu random. “Bahwa ada oknum operator yang menjual data, saya tidak menafikan itu ada atau tidak. Tapi mungkin saja itu ada,” katanya.

Lebih lanjut, ia pun meminta kepada semua pihak agar turut mendukungnya membongkar kasus ini. Selain itu, ia juga meminta kepada media dan publik agar kasus semacam ini terus diangkat ke permukaan.

“Mereka bilang ada sindikatnya. Mumpung begitu bongkar saja, bikin investigasi. Saya minta didorong terus oleh publik untuk memastikan itu cepat selesai,”ujarnya.