Teknopreneur.com- 2015 sudah berjalan. Tahun ini akan menandai perjalanan pera eksekutif dan pengusaha Cina berencana untuk mengambil posisi bisnis mereka di tingkat global. Joel Backaler dari Forbes memberikan bocoran, siapa-siapa eksekutif di Cina yang berusaha untuk masuk ke negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Siapa saja mereka?

1. Lenovo. Perusahaan ini terkenal karena akuisisi IBM pada divisi ThinkPad-nya 2005. Lenovo memiliki perkembangan yang besar pada tahun 2014 dengan dua akuisisi besar di Amerika Serikat yaitu Motorola Mobility   dan IBM’s x86 enterprise server. Tahun 2015 ini, perusahaan memiliki visi untuk terus tumbuh di bisnis global mobile.

2. Huawei. Meski menghadapi tantangan di Amerika Serikat pada bisnis peralatan telekomunikasi,  perusahaan ini terus melakukan pergerakan di seluruh dunia. Nama mereka pun telah dikenal di luar negeri, dan banyak produk baru yang ditampilkan padaConsumer Electronics Show  2015 di Las Vegas.

3. Wanxiang. The Chinese automotive and new energy firm. Perusahaan energi baru dan otomotif China ini telah mengakuisisi lebih dari dua lusin perusahaan di Amerika Utara sejak membuka kantor di luar negeri pada tahun 1994. Pada tahun 2014, Wanxiang membeli Fisker Automotive, dan beredar kabar bahwa Wanxiang mungkin berusaha untuk menantang Tesla dalam ruang kendaraan listrik .

4. Alibaba. e-Commerce raksasa pemecah rekor IPO 2014 di New York. Hanya menunggu waktu saja, dengan kombinasi investasi greenfield, membuat sebuah perusahaan Cina ini semakin lancar menembus pasar global.

5. Xiaomi. Dengan nilai perusahaan US$ 45 miliar, pembuat smartphone China ini mengambil fokus di industri mobile dan menjadi pesaing serius bagi Apple dan Samsung di pasar global.

6. Baidu. Baidu awalnya difokuskan di pasar Cina dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun, pada tahun 2014 perusahaan mulai mendorong  pergerakan yang agresif di luar negeri dengan kemitraan dengan Nokia, dan investasi startup Israel senilai US$3 juta dan saham strategis di Uber.

7. Tencent. Perusahaan game dan aplikasi sosial di Cina ini telah meningkatkan investasinya di Silicon Valley selama dua tahun terakhir. Keberhasilan global aplikasi pesan sosial WeChat juga berpengaruh besar dalam rencana ekspansi global mereka.

Selain ketujuh perusahaan ini, pasti akan ada perusahaan Cina lainnya yang membuat gerakan signifikan di tahun 2015, mengingat besarnya modal yang mengalir ke perusahaan Cina. Jadi tak mengherankan jika setiap tahun perusahaan China baru muncul di panggung internasional.