Teknopreneur.com – Siapa yang tak mengenal Samsung? Ya vendor asal Korea Selatan ini tak bisa dianggap remeh. Meski begitu, bukan tidak mungkin vendor lain tak bisa membuat perangkat yang bagus, hanya saja mereka belum bisa menyaingi pangsa pasar perusahaan asal Korea Selatan itu.

Misalnya Sony. Untuk mengubah keadaan perusahaan tersebut konon akan melakukan perubahan besar pada dua unit bisnisnya, salah satunya adalah divisi bisnis ponsel.

Rumor itu muncul dari pernyataan CEO Sony Kazuo Hirai, seperti yang dilansir Reuters, Rabu (14/1/2015). Di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015, Hirai mengeluarkan pernyataan yang agaknya mengarah kepada ide melepas Sony Mobile.

“Barang elektronik secara keseluruhan, bersama hiburan dan keuangan, akan terus menjadi bisnis yang penting. Namun di antara itu ada sejumlah hal yang perlu dijalankan dengan hati-hati, dan itu adalah TV atau ponsel,” ujar Hirai.

Kemudian ia juga menambahkan, “Bisnis TV dan ponsel membutuhkan perubahan besar-besar. Tanpa reformasi seperti joint venture atau beraliansi, keduanya sudah berada di (zona) merah selama tiga tahun ke belakang.”

Memang, ini bukanlah konfirmasi bahwa Sony akan menjual bisnis TV atapun ponselnya. Namun lebih ke kemungkinan yang bisa dilakukan oleh Sony untuk melakukan perubahan besar-besaran di bisnisnya itu. Apakah Sony akan berhasil?